<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP KEMAMPUAN KERJASAMA DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS III A PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI MI AL-MUHSIN 1 YOGYAKARTA"^^ . "Rendahnya kemampuan kerjasama dan motivasi belajar matematika siswa kelas III A disebabkan karena dalam praktik pembelajaran matematika belum terlaksana secara maksimal. Tujuan penelitian ini yaitu: 1) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TGT terhadap kemampuan kerjasama siswa kelas III A pada pembelajaran matematika di MI Al-Muhsin 1 Yogyakarta, 2) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TGT terhadap motivasi belajar siswa kelas III A pada pembelajaran matematika di MI Al-Muhsin 1 Yogyakarta\r\nJenis metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif eksperimental. Bentuk designs experiment yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Quasi-Eksperimental Designs (Desain Eksperimental Semu) dengan tipe The Nonequivalent Control Group Design. Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III MI Al-Muhsin 1 Yogyakarta yang berjumlah 40 siswa. Kelas III A berjumlah 20 siswa sebagai kelas eksperimen dengan perlakuan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dan kelas III B berjumlah 20 siswa sebagai kelas kontrol dengan perlakuan model pembelajaran kooperatif (berkelompok).. Untuk pengumpulan data, penulis menggunakan angket kemampuan kerjasama dan motivasi belajar. Pada awal penelitian, seluruh siswa baik kelas eksperimen maupun kelas kontrol diberi pretest. Kemudian siswa diberi perlakuan atau treatment sesuai kelas masing-masing dan dilanjutkan dengan pemberian posttest.\r\nBerdasarkan hasil uji prasyarat dan uji hipotesis menggunakan Uji Independen Sample t Test pada data angket kemampuan kerjasama maupun motivasi belajar, pada Hipotesis 1 (X terhadap Y1) diperoleh nilai signifikasi sebesar 0,012. Berdasarkan pedoman pengambilan keputusan uji Independen Sample t Test, maka Ha diterima karena 0,012<0,05. Hal tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe TGT berpengaruh terdapat kemampuan kerjasama siswa kelas III A. Sedangkan pada Hipotesis 2 (X terhadap Y2) diperoleh nilai signifikasi 0,309. Berdasarkan pedoman pengambilan keputusan uji Independen Sample t Test, maka H0 diterima karena 0,309>0,05. Hal tersebut menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TGT tidak berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa kelas III A."^^ . "2023-10-05" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM.: 19104080027"^^ . "Rahma Annisa"^^ . "NIM.: 19104080027 Rahma Annisa"^^ . . . . . . "PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP KEMAMPUAN KERJASAMA DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS III A PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI MI AL-MUHSIN 1 YOGYAKARTA (Text)"^^ . . . . . "19104080027_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP KEMAMPUAN KERJASAMA DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS III A PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI MI AL-MUHSIN 1 YOGYAKARTA (Text)"^^ . . . . . "PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP KEMAMPUAN KERJASAMA DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS III A PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI MI AL-MUHSIN 1 YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP KEMAMPUAN KERJASAMA DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS III A PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI MI AL-MUHSIN 1 YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP KEMAMPUAN KERJASAMA DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS III A PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI MI AL-MUHSIN 1 YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP KEMAMPUAN KERJASAMA DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS III A PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI MI AL-MUHSIN 1 YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP KEMAMPUAN KERJASAMA DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS III A PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI MI AL-MUHSIN 1 YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP KEMAMPUAN KERJASAMA DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS III A PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI MI AL-MUHSIN 1 YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP KEMAMPUAN KERJASAMA DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS III A PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI MI AL-MUHSIN 1 YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP KEMAMPUAN KERJASAMA DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS III A PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI MI AL-MUHSIN 1 YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #62962 \n\nPENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP KEMAMPUAN KERJASAMA DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS III A PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI MI AL-MUHSIN 1 YOGYAKARTA\n\n" . "text/html" . . . "Matematika"@id . . . "Motivasi" . .