eprintid: 62962 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/06/29/62 datestamp: 2024-01-16 04:07:37 lastmod: 2024-01-16 04:07:37 status_changed: 2024-01-16 04:07:37 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Rahma Annisa, NIM.: 19104080027 title: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP KEMAMPUAN KERJASAMA DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS III A PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI MI AL-MUHSIN 1 YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: Matematika subjects: mot_ivasi divisions: pgmi full_text_status: restricted keywords: Model Pembelajaran Kooperatif, Teams Games Tournament (TGT), Kemampuan Kerjasama, dan Motivasi Belajar note: Pembimbing: Luluk Mauluah, M.Si abstract: Rendahnya kemampuan kerjasama dan motivasi belajar matematika siswa kelas III A disebabkan karena dalam praktik pembelajaran matematika belum terlaksana secara maksimal. Tujuan penelitian ini yaitu: 1) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TGT terhadap kemampuan kerjasama siswa kelas III A pada pembelajaran matematika di MI Al-Muhsin 1 Yogyakarta, 2) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TGT terhadap motivasi belajar siswa kelas III A pada pembelajaran matematika di MI Al-Muhsin 1 Yogyakarta Jenis metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif eksperimental. Bentuk designs experiment yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Quasi-Eksperimental Designs (Desain Eksperimental Semu) dengan tipe The Nonequivalent Control Group Design. Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III MI Al-Muhsin 1 Yogyakarta yang berjumlah 40 siswa. Kelas III A berjumlah 20 siswa sebagai kelas eksperimen dengan perlakuan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dan kelas III B berjumlah 20 siswa sebagai kelas kontrol dengan perlakuan model pembelajaran kooperatif (berkelompok).. Untuk pengumpulan data, penulis menggunakan angket kemampuan kerjasama dan motivasi belajar. Pada awal penelitian, seluruh siswa baik kelas eksperimen maupun kelas kontrol diberi pretest. Kemudian siswa diberi perlakuan atau treatment sesuai kelas masing-masing dan dilanjutkan dengan pemberian posttest. Berdasarkan hasil uji prasyarat dan uji hipotesis menggunakan Uji Independen Sample t Test pada data angket kemampuan kerjasama maupun motivasi belajar, pada Hipotesis 1 (X terhadap Y1) diperoleh nilai signifikasi sebesar 0,012. Berdasarkan pedoman pengambilan keputusan uji Independen Sample t Test, maka Ha diterima karena 0,012<0,05. Hal tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe TGT berpengaruh terdapat kemampuan kerjasama siswa kelas III A. Sedangkan pada Hipotesis 2 (X terhadap Y2) diperoleh nilai signifikasi 0,309. Berdasarkan pedoman pengambilan keputusan uji Independen Sample t Test, maka H0 diterima karena 0,309>0,05. Hal tersebut menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TGT tidak berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa kelas III A. date: 2023-10-05 date_type: published pages: 185 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Rahma Annisa, NIM.: 19104080027 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP KEMAMPUAN KERJASAMA DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS III A PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI MI AL-MUHSIN 1 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62962/1/19104080027_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62962/2/19104080027_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf