%0 Thesis %9 Skripsi %A Anis Luthfiyana Al-Ghorry, NIM.: 19104080061 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2023 %F digilib:62967 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Metode Pembelajaran Make a Match, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar. %P 194 %T PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF MATA PELAJARAN IPA SISWA KELAS IV DI MI NEGERI 2 BLITAR %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62967/ %X Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih rendahnya aktivitas belajar dan hasil belajar kognitif mata pelajaran IPA di kelas IV MI Negeri 2 Blitar tahun ajaran 2023/2024. Hal tersebut disebabkan karena pembelajaran IPA belum dilaksanakan secara maksimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan metode pembelajaran Make a Match terhadap aktivitas belajar dan hasil belajar kognitif mata pelajaran IPA siswa kelas IV di MI Negeri 2 Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian yaitu Quasi Eksperimen. Penelitian ini menggunakan design penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa – siswi kelas IV MI Negeri 2 Blitar. Sampel dipilih dengan teknik sampel jenuh yaitu 30 siswa kelas IV A dan 30 siswa kelas IV B. Untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan angket dan soal tes. Sebelum diberikan perlakuan, siswa diberikan pretest dan selanjutnya siswa diberikan perlakuan. Hasil pengujian hipotesis menggunakan rumus Independent T test dan Uji MANOVA pada program SPSS 18. Hasil uji Independent T test dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil uji t test pada aktivitas belajar 0,001 < 0,05 dan hasil belajar 0,000 < 0,05 maka (Ho) ditolak dan (Ha) diterima. Berdasarkan Uji MANOVA, menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh signifikan antara metode pembelajaran Make a Match terhadap aktivitas belajar. Dari hasil analisis data menunjukkan nilai signifikasi 0,000 < 0,05. (2) Ada pengaruh signifikan antara metode pembelajaran Make a Match terhadap hasil belajar kognitif yang ditunjukkan oleh nilai signifikansi 0,000 < 0,05. (3) Ada pengaruh signifikan antara metode pembelajaran Make a Match terhadap aktivitas belajar dan hasil belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) siswa kelas IV di MI Negeri 2 Blitar dengan nilai signifikan masing-masing 0,000 dan 0,000 yang mana keduanya memiliki nilai signifikansi < 0,05. Maka, (Ho) ditolak dan (Ha) diterima. Dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran Make a Match mempengaruhi aktivitas belajar dan hasil belajar kognitf mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) siswa kelas IV %Z Pembimbing: Dr. Sedya Santosa, SS, M.Pd