<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASHCARD TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEGAK BERSAMBUNG SISWA KELAS III MI MA’ARIF DIPON"^^ . "Bahasa Indonesia merupakan bahasa pengantar pendidikan dalam semua\r\njenjang. Mata pelajaran Bahasa Indonesia berperan penting dalam mengembangkan\r\nwawasan pengetahuan siswa. Empat keterampilan dalam berbahasa yaitu\r\nmenyimak, berbicara, membaca dan menulis. Untuk jenjang Sekolah Dasar (SD)\r\npeserta didik kelas bawah lebih difokuskan pada keterampilan membaca dan\r\nmenulis. Menulis untuk kelas bawah dibagi menjadi dua yaitu menulis dengan\r\nhuruf lepas dan huruf tegak bersambung. MI Ma’arif Diponegoro adalah sekolah\r\nyang masih menjadikan pembelajaran menulis tegak bersambung sebagai materi\r\nuntuk kelas bawah. Namun dalam prosesnya peserta didik masih kurang antusias\r\ndalam pembelajaran menulis tegak bersambung seperti ketepatan penulisan dan\r\npenggunaan hufur kapital yang benar. Dengan demikian peneliti ingin memberikan\r\nsolusi dalam proses pembelajaran menulis tegak bersambung dengan bantuan\r\nmedia flashcard. Adapun tujuan pada penelitian ini adalah mengetahui pengaruh\r\ndan efektivitas penggunan media pembelajaran flashcard terhadap keterampilan\r\nmenulis tegak bersambung siswa kelas III MI Ma’arif Diponegoro.\r\nJenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain penelitian\r\none group pretest-posttest design. Subjek pada penelitian ini adalah seluruh peserta\r\ndidik kelas III MI Ma’arif Diponegoro berjumlah 15 anak. Teknik pengumpulan\r\ndata pada penelitian ini yaitu melalui observasi, wawancara, tes dan dokumentasi.\r\nObservasi dilakukan sebelum penelitian dan mendapatkan hasil bahwa\r\npembelajaran menulis tegak bersambung masih belum dilaksanakan secara\r\nmaksimal. Wawancara dengan guru kelas III yang menuturkan bahwa siswa masih\r\nkesulitan dalam pembelajaran terkait cara menyambung pada tiap-tiap huruf dan\r\npanjang pendek huruf yang harus ditulis. Tes dalam dua tahap yaitu pretest dan\r\nposttest dengan masing-masing jumlah 15 butir soal. Dalam pelaksanaan tes\r\ndiantara pretest dan posttest peserta didik diberikan perlakuan/treatment sebanyak\r\nempat kali dengan bantuan media pembelajaran flashcard. Media ini digunakan\r\nuntuk menarik perhatian dan membantu siswa dalam proses pembelajaran. Serta\r\ndokumentasi untuk mengambil data yang diperlukan terkait penelitian yang\r\ndilakukan.\r\nHasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh dalam keterampilan\r\nmenulis tegak bersambung dengan bantuan media flashcard. Hal tersebut\r\ndidasarkan pada hasil uji Paired Sample T-Test bahwa nilai signifikasi <0,05 yaitu\r\nnilai signifikasi hasil analisis <0,001 yang menyatakan bahwa Ho ditolak dan Ha\r\nditerima. Presentase nilai efektivitas pada penelitian ini dengan uji N-Gain Score\r\nyaitu sebesar 59% dengan kategori tafsiran cukup efektif. Serta ungkapan peserta\r\ndidik pada hasil wawancara yang dilakukan setelah pemberian treatment dengan\r\nbantuan media pembelajaran flashcard siswa merasa tertarik dan lebih terbantu\r\ndengan penggunaan media tersebut."^^ . "2023-12-14" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM.: 19104080067"^^ . "Luk Luk Sa’adah"^^ . "NIM.: 19104080067 Luk Luk Sa’adah"^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASHCARD TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEGAK BERSAMBUNG SISWA KELAS III MI MA’ARIF DIPON (Text)"^^ . . . . . "19104080067_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASHCARD TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEGAK BERSAMBUNG SISWA KELAS III MI MA’ARIF DIPON (Text)"^^ . . . . . "EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASHCARD TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEGAK BERSAMBUNG SISWA KELAS III MI MA’ARIF DIPON (Other)"^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASHCARD TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEGAK BERSAMBUNG SISWA KELAS III MI MA’ARIF DIPON (Other)"^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASHCARD TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEGAK BERSAMBUNG SISWA KELAS III MI MA’ARIF DIPON (Other)"^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASHCARD TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEGAK BERSAMBUNG SISWA KELAS III MI MA’ARIF DIPON (Other)"^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASHCARD TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEGAK BERSAMBUNG SISWA KELAS III MI MA’ARIF DIPON (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASHCARD TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEGAK BERSAMBUNG SISWA KELAS III MI MA’ARIF DIPON (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASHCARD TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEGAK BERSAMBUNG SISWA KELAS III MI MA’ARIF DIPON (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASHCARD TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEGAK BERSAMBUNG SISWA KELAS III MI MA’ARIF DIPON (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #62968 \n\nEFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASHCARD TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEGAK BERSAMBUNG SISWA KELAS III MI MA’ARIF DIPON\n\n" . "text/html" . . . "Evaluasi Pendidikan" . . . "Media Pembelajaran" . .