eprintid: 62987 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/06/29/87 datestamp: 2024-01-16 08:30:57 lastmod: 2024-01-16 08:30:57 status_changed: 2024-01-16 08:30:57 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Nur Laili Hidayati, S.Pd., NIM.: 19204022004 title: PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN SMART APPS CREATOR UNTUK MAHARAH ISTIMA’ SISWA KELAS XI MAN 1 KOTA PEKALONGAN ispublished: pub subjects: med_pemb subjects: pba divisions: p-ba full_text_status: restricted keywords: Media Pembelajaran, Smart Apps Creator, Maharah Istima' note: Pembimbing: Dr. Muhammad Jafar Shodiq, S.Pd.I., M.SI. abstract: Kemampuan bahasa Arab terdiri dari empat macam salah satunya yaitu maharah istima’. Pada proses pembelajaran bahasa Arab di MAN 1 Kota Pekalongan, guru menggunakan media pembelajaran yang tergolong klasik yaitu media pembelajaran buku cetak dan juga papan tulis. Banyak siswa yang mengalami kesulitan pada maharah istima’ dikarenakan guru kurang memanfaatkan media untuk menunjang proses pembelajaran. Oleh sebab adanya permasalahan tersebut, penulis ingin mengembangkan media pembelajaran menggunakan Smart Apps Creator diharapkan dapat menunjang pembelajaran maharah istima’ siswa kelas XI MAN 1 Kota Pekalongan. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development dengan model pengembangan ADDIE. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, angket, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data pada penelitian ini melalui analisis data deskriptif digunakan untuk mengolah hasil wawancara dan observasi dan analisis data statistik digunakan untuk mengolah hasil angket dan uji instrumen soal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) pengembangan media pembelajaran menggunakan Smart Apps Creator untuk maharah istima’ siswa kelas XI MAN 1 Kota Pekalongan terdiri dari 5 tahap, yaitu (a) Analysis; analisis kebutuhan untuk mengidentifikasi masalah, (b) Design; dilakukan dengan cara menentukan spesifikasi produk media, memilih materi, dan membuat flowchart, (c) Development; membuat media pembelajaran, memvalidasi produk yang dilakukan oleh ahli materi, ahli media dan guru, serta merevisi produk sesuai masukan validator, (d) Implementation; melakukan uji coba produk kepada siswa, (e) Evaluation; dilakukan dengan menganalisis hasil data respon siswa terhadap media yang dikembangkan. Berdasarkan validasi ahli materi memperoleh skor 84% dengan kategori “Layak” dan validasi ahli media memperoleh skor 76% dengan kategori “Layak”. Dan Hasil analisis angket penilaian 39 siswa kelas XI memperoleh nilai rata-rata 85,38% dengan kategori “Sangat Baik”. Dengan demikian, aplikasi tersebut sangat layak digunakan. 2) Penggunaan media pembelajaran menggunakan Smart Apps Creator untuk maharah istima’ siswa kelas XI MAN 1 Kota Pekalongan terbukti efektif berdasarkan hasil uji paired sample t-test data keterampilan mendengar 39 siswa kelas XI sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran diketahui bahwa –t hitung < -t tabel atau -7,169 < -,2,024 jadi Ho ditolak dan nilai signifikansi < 0,05 atau 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak. Dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan keterampilan mendengar antara sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran. Dari nilai mean dapat diketahui bahwa rata-rata sesudah menggunakan aplikasi media pembelajaran 81,54 lebih tinggi dari pada sebelum menggunakan aplikasi media pembelajaran 71,08. date: 2023-12-11 date_type: published pages: 142 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: masters thesis_name: other citation: Nur Laili Hidayati, S.Pd., NIM.: 19204022004 (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN SMART APPS CREATOR UNTUK MAHARAH ISTIMA’ SISWA KELAS XI MAN 1 KOTA PEKALONGAN. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62987/1/19204022004_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62987/2/19204022004_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf