@phdthesis{digilib6299, month = {July}, title = {HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI (SELF CONCEPT) DENGAN KECEMASAN MENGHADAPI UJIAN NASIONAL (UN) PADA SISWA}, school = {UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta}, author = {NIM.: 07710086 NOVITA ARDIANA}, year = {2011}, note = {Pembimbing : Nurus Sa'adah, S. Psi., M.Si.Psi.}, keywords = {konsep diri, kecemasan menghadapi Ujian Nasional (UN)}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6299/}, abstract = {ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara konsep diri (self concept) dengan kecemasan menghadapi Ujian Nasional (UN) pada siswa-siswi Madrasah Tsanawiyah Ma'arif NU Blitar. Subjek penelitian adalah seluruh siswa-siswi kelas XI Madrasah Tsanawiyah Ma'arif NU Blitar yang berada di bawah naungan Yayasan Perguruan Ma'arif NU Blitar. Keseluruhan subjek berjumlah 89 siswa yang terdiri dari tiga kelas. Teknik pengambilan sampel penelitian dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala konsep diri dan skala kecemasan menghadapi Ujian Nasional (UN). Analisis data dilakukan dengan teknik uji korelasional product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan negatif yang signifikan antara konsep diri (self concept) dengan Kecemasan Menghadapi Ujian Nasional (UN) yang ditunjukkan dengan Koefisien korelasi Rxy = -0.255 dan p = 0.000, dengan demikian hipotesis diterima. Jadi semakin tinggi konsep diri seseorang maka semakin rendah kecemasan yang timbul saat menghadapi Ujian Nasional (UN). Demikian pula sebaliknya, semakin rendah konsep diri seseorang maka semakin tinggi kecemasan yang timbul saat menghadapi Ujian Nasional (UN). div} }