eprintid: 63026 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/06/30/26 datestamp: 2024-01-17 07:52:12 lastmod: 2024-01-17 07:52:12 status_changed: 2024-01-17 07:52:12 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Adelia Ayu Saputri Hidayat, NIM.: 21204021003 title: PENGEMBANGAN MEDIA DIGITAL MAHARAH QIRA’AH DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MTs AL-HIKMAH BANDAR LAMPUNG ispublished: pub subjects: med_pemb subjects: pba divisions: p-ba full_text_status: restricted keywords: Media Pembelajaran, Media Digital, Maharah Qira’ah, Pembelajaran Bahasa Arab. note: Pembimbing: Dr. Dailatus Syamsiyah, S.Ag., M.Ag. abstract: Penelitian pengembangan ini dilatar belakangi oleh kurangnya minat belajar peserta didik dalam proses pembelajaran bahasa Arab dikelas, dikarenakan peserta didik menganggap bahwa bahasa Arab merupakan pelajaran yang sulit dipahami. Permasalahan ini tentu lahir dari beberapa sebab, salah satunya adalah minimnya penggunaan media pembelajaran dalam proses pembelajaran bahasa Arab di MTs Al-Hikmah Bandar Lampung. Guru sebagai pendidik hanya terpaku pada metode ceramah saja, selain itu media yang digunakan dalam proses belajar mengajar masih terpaku pada buku pelajaran formal saja, sehingga peserta didik merasakan kurangnya suasana yang menyenangkan, kondusif dan variatif. Penelitian ini juga bertujuan untuk mendesain pengembangan media digital maharah qira’ah dan untuk mengetahui efektivitas media digital maharah qira’ah dalam pembelajaran bahasa Arab. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu Analysis (Analisis), Design (Perencanaan), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Penelitian ini mengambil sampel seluruh peserta didik kelas VIII E MTs Al-Hikmah Bandar Lampung sebanyak 26 siswa. Hasil dari penelitian ini adalah 1) Produk berupa Media Digital Maharah Qira’ah yang telah dikembangkan peneliti dengan prosedur ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Dengan hasil validasi para ahli terkait dengan kelayakan media pembelajaran yang telah dikembangkan meliputi validasi ahli media dengan hasil presentase penilaian sebesar 95%, dan ahli materi dengan hasil presentase penilaian sebesar 91%, keseluruhan hasil presentase penilaian dari para ahli tersebut mendapatkan kategori validasi “Sangat Baik”. Sementara pada respon peserta didik mendapatkan presentase penilaian sebesar 88%, dan mendapatkan kategori validasi “Sangat Baik”. 2) Hasil implementasi pre-test dan post-test terhadap media digital maharah qira’ah yang telah dikembangkan peneliti pada peserta didik kelas VIII E berjumlah 26 siswa. Peneliti mendapatkan presentase penilaian pre-test sebesar 59% dan post-test sebesar 85%, dan dengan hasil Sig. (2-tailed) paired sample t-test sebesar 0,000 dimana hasil tersebut menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa, sehingga dapat disimpulkan bahwa Pengembangan Media Digital Maharah Qira’ah Dalam Pembelajaran Bahasa Arab di MTs Al-Hikmah Bandar Lampung efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran bahasa Arab. date: 2023-12-06 date_type: published pages: 146 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: masters thesis_name: other citation: Adelia Ayu Saputri Hidayat, NIM.: 21204021003 (2023) PENGEMBANGAN MEDIA DIGITAL MAHARAH QIRA’AH DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MTs AL-HIKMAH BANDAR LAMPUNG. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/63026/1/21204021003_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/63026/2/21204021003_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf