TY - THES N1 - Pembimbing: Dr. Hj. R. Umi Baroroh, M.Ag. ID - digilib63028 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/63028/ A1 - Moh Paris Fauzi Sawedi, NIM.: 21204022009 Y1 - 2023/12/11/ N2 - Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran bahasa Arab, khususnya di Maha>rah Istima>. Hal itu menyebabkan hasil belajar siswa ikut menurun. Permasalahan ini salah satunya disebabkan oleh minimnya penggunaan bahan ajar digital dalam proses pembelajaran bahasa Arab di sekolah MTs Al-Khairaat Bunta, guru sebagai pendidik masih terpaku dan mengandalkan buku-buku teks dalam menjelaskan materi pembelajaran melalui metode ceramah. Proses pembelajaran yang demikian, mengakibatkan siswa menjadi pasif dan kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran. sehingga adanya penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan konsep bahan ajar digital maha>rah istima>? berbasis teori kognitif sosial Albert Bandura yang diterapkan di sekolah MTs Al-Khairaat Bunta. 2) mendeskripsikan efektivitas bahan ajar digital maha>rah istima>? berbasis teori kognituf sosial Albert Bandura di Sekolah MTs Al-Khairaat Bunta. 3) mendeskripsikan kelebihan dan kekuranan bahan ajar digital maha>rah istima>? yang berbasis teori kognitif sosial Albert Bandura di Sekolah MTs Al-Khiaraat Bunta. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan mengacu pada model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation.). untuk mengetahui efektivitas bahan ajar digital, peneliti menggunakan metode penelitian eksperimen tipe Non-Equivalent Control Group Design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Al-Khairaat Bunta. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, kuesioner, dokumentasi, dan tes. Kemudian data berupa angka dianalisis menggunakan uji Independent Sample T-Test dan Uji N-Gain dengan bantuan SPSS 25 Hasil dari penelitian ini adalah 1) produk berupa bahan ajar digital Maha>rah istimaruf, al- mara>fiq al madrasiyah, al-adawa>tu al-madrasiyah. Dalam rangka untuk mendorong siswa belajar dari lingkungan sendiri, konten materi pada bahan ajar digital ini disajikan ke dalam beragam bentuk, antara lain: bentuk teks, gambar, dan audio. 2) Hasil analisis produk yang telah dikembangkan berawal dari hasil uji kelayakan para ahli, yang meliputi ahli materi dan media. Hasil presentase rata-rata keseluruhan aspek yang di nilai oleh ahli materi 92,89% termasuk kategori ?sangat layak?, sedangkan dari ahli media sebesar 90,00% masuk dalam kategori ?sangat layak?. Respons guru dan siswa terhadap bahan ajar digital yang dikembangkan sangat positif. Rata-rata respons guru pada seluruh aspek yang mendapatkan kategori nilai 4,42, adapun rata-rata respons siswa adalah sejumlah 4,44. Derajat persepsi dari kedua skor tersebut yakni ?sangat postif?. Hasil uji T-Test dan Post-test pada kelas control dan eskperimen sebesa 0,003, dan hasil uji N-Gain score kelas eksperimen dengan nilai mean sebesar 0,57 atau 57,04 Sedangkan kategori tasiran ?cukup efektif?. Sehingga dapat disimpulkan bahwa bahan ajar digital maharah istima yang berbasis teori kognitif sosial Albert Bandura cukup efektif dalam meningkatkan hasil belajar bahasa Arab khususnya di maha>rah istima>?. salah satu kelebihan bahan ajar ini, menekankan siswa untuk belajar mandiri. Serta kekurangannya ialah materi yang disajikan kurang luas, karena materinya hanya terfokus kapada salah satu keterampilan yang di terapkan, yaitu keterampilan mendengar. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Bahan Ajar Digital KW - Maharah Istima? KW - Teori Kognitif KW - Albert Bandura M1 - masters TI - PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DIGITAL MAHARAH ISTIMA? BERBASIS TEORI KOGNITIF SOSIAL ALBERT BANDURA DI SEKOLAH MTS AL-KHAIRAAT BUNTA AV - restricted EP - 231 ER -