%A NIM.: 21208012030 Suci Mulyati, S.E %O Pembimbing: Dr. Ruspita Rani Pertiwi , S.PSI., M.M %T DETERMINAN NIAT DAN PERILAKU MENGGUNAKAN DIGITAL BANKING DI PERBANKAN SYARIAH %X Penelitian tesis ini untuk menganalisis dan memprediksi determinan terhadap niat dan perilaku menggunakan Digital Banking di perbankan syariah. Studi tesis ini melakukan pengembangan Unified Theory Of Acceptance And Use Of Tecnology 3 (UTAUT3) yang terdiri dari ekspektasi kinerja, ekspektasi usaha, pengaruh sosial, kondisi yang memfasilitasi, motivasi hedonis, nilai harga, kebiasaan, dan inovasi personal sebagai determinan untuk memprediksi niat dan perilaku menggunakan Digital Banking bank syariah. Studi ini menggunakan 266 nasabah pengguna Digital Banking bank syariah di seluruh Indonesia sebagai sampel. Pendekatan kuantitatif digunakan dalam penelitian ini dengan Structural Equation Model (SEM) sebagai model analisisnya, sofware yang digunakan adalah SmartPLS versi 3.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi pengguna, kebiasaan dan inovasi personal berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat perilaku menggunakan Digital Banking bank syariah selanjutnya kebiasaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku pengguna dalam menggunakan Digital Banking bank syariah. Sedangkan Ekspektasi kinerja, Ekspektasi Usaha, Pengaruh Social, Kondisi Yang Memfasilitasi, Nilai Harga tidak berpengaruh terhadap niat perilaku menggunakan Digital Banking bank syariah. Untuk pengaruh langsung terhadap perilaku menggunakan Digital Banking bank syariah, uji statistik membuktikan bahwa kebiasaan berpengaruh positif signifikan terhadap perilaku menggunakan Digital Banking perbankan syariah. Sedangkan kondisi yang memfasilitasi, inovasi personal, niat perilaku berpengaruh positif tidak signifikan terhadap perilaku menggunakan Digital Banking perbankan syariah. Gaya hidup Islami terbukti signifikan positif memperkuat relasi pengaruh sosial terhadap niat perilaku menggunakan Digital Banking perbankan syariah. Sedangkan pada kebiasaan terhadap niat perilaku, gaya hidip Islami secara positif tidak signifikan memoderasi pangaruh kebiasaan terhadap niat perilaku menggunakan Digital Banking bank syariah. Kontribusi dalam mengembangkan model perilaku konsumen dengan mengintegrasikan Unified Theory Of Acceptance And Use Of Tecnology 3 dengan gaya hidup islami sebagai variabel moderasi, khususnya pada konteks niat perilaku untuk menggunakan Digital Banking perbankan syariah. Penelitian ini memberikan kotribusi dalam mengisi keterbatasan Unified Theory Of Acceptance And Use Of Tecnology 3 (UTAUT3). Dan juga peneliti merekomendasikan perbankan syariah harus memberikan edukasi layanan Digital Banking kepada nasaba seperti vidio singat mengatasi keluhan nasabah, karena dengan nasabah paham fungsi dan cara penggunaannya produk maka akan menarik niat dan perilaku nasabah dalam menggunakan Digital Banking perbankan syariah dan melakukan penembahan fitur-fitur yang dimiliki sehingga menjadi super aplikasi yang dapat memenuhi semua kebutuhan nasabah. %K perilaku konsumen; niat perilaku; perilaku pengguna; digital banking %D 2023 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib63086