@phdthesis{digilib6310, month = {August}, title = {HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN BERBAHASA ARAB DENGAN PENYESUAIAN DIRI SISWA KELAS VII (TUJUH) SMP MBS PRAMBANAN}, school = {UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta}, author = {NIM.: 05710018 SIGIT SUPRIYADI}, year = {2011}, note = {Pembimbing : 1. amp;\#65279;Dra. Hj. Susilaningsih, MA. 2. Zidni Immawan, M.Si.}, keywords = {kemampuan berbahasa Arab, penyesuaian diri}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6310/}, abstract = {ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kemampuan berbahasa Arab dengan penyesuaian diri siswa kelas VII (tujuh) SMP Muhammadiyah Boarding School (MBS) Prambanan. Hipotesis dalam penelitian ini adalah ada hubungan antara kemampuan berbahasa Arab dengan penyesuaian diri. Subjek penelitian adalah 95 siswa kelas VII SMP MBS Prambanan. Alat pengumpulan data menggunakan skala penyesuaian diri dan dokumentasi nilai Mid dan Akhir semester berupa raport. Analisis data dengan menggunakan tehnik korelasi dari pearson's product moment dengan program SPSS 16.00 for Windows. Hasilnya menunjukkan bahwa ada hubungan positif antara kemampuan berbahasa Arab dengan penyesuaian diri siswa kelas VII SMP MBS Prambanan dengan r = 0,198 dan p = 0,036 (0,01 p 0,05). Artinya bahwa ada hubungan yang signifikan antara kemampuan berbahasa Arab dengan penyesuaian diri siswa kelas VII SMP MBS Prambanan. Kemampuan berbahasa Arab mempengaruhi penyesuaian diri sebesar 3,9 \%. div} }