@mastersthesis{digilib63116, month = {December}, title = {DETERMINAN NILAI PERUSAHAAN DENGAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI INDONESIA}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 21208012032 Suci Wulandari Siregar}, year = {2023}, note = {Pembimbing: Dr. Darmawan, S.Pd., MAB}, keywords = {firm value; Corporate Social Responsibility; Tax avoidance; Manufaktur.}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/63116/}, abstract = {Penelitian ini mencerminkan pentingnya nilai perusahaan, baik bagi investor maupun perusahaan itu sendiri. Investor menganggap peningkatan nilai suatu perusahaan sebagai indikasi positif terhadap kinerja perusahaan, yang berdampak pada keputusan investasi. Selain itu, peningkatan nilai perusahaan dapat menunjukkan bahwa perusahaan semakin mendekati tujuannya untuk meningkatkan kesejahteraan para pemangku kepentingannya. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi nilai perusahaan dalam konteks perusahaan manufaktur di Indonesia selama periode 2017-2022. Penelitian ini menggunakan data panel yang terdiri dari 13 perusahaan dengan total 78 observasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan model Random Effect Model dan perangkat lunak STATA versi 17.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profitabilitas, Leverage, dan ukuran perusahaan memiliki dampak positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan, sementara tax avoidance tidak memiliki pengaruh yang signifikan. Selain itu, variabel Corporate Social Responsibility (CSR) berfungsi sebagai faktor moderasi yang memperkuat hubungan antara profitabilitas dan Leverage dengan nilai perusahaan. Berdasarkan temuan ini, perusahaan dapat meningkatkan nilai perusahaan di masa depan dengan memaksimalkan profitabilitas, mengelola tingkat Leverage, mengembangkan ukuran perusahaan, dan menerapkan CSR sebagai bagian dari strategi operasional mereka. Hal ini diharapkan akan membawa dampak positif bagi masa depan perusahaan.} }