@mastersthesis{digilib63119, month = {December}, title = {DETERMINAN KEPUTUSAN PEMBELIAN MAKANAN HALAL PADA E-COMMERCE TOKOPEDIA DI INDONESIA}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 21208012040 Abdullah Alatas}, year = {2023}, note = {Pembimbing: Dr. Joko Setyono , S.E., M.SI.}, keywords = {makanan halal; keputusan pembelian; TPB.}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/63119/}, abstract = {Tujuan dari penelitian ini ialah untuk memahami faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian makanan halal di e-commerce Tokopedia. Model yang diterapkan melibatkan lima variabel independen, tiga variabel mengadopsi dari Theory Of Planned Behaviour (TPB) yaitu sikap, norma subyektif dan persepsi perilaku kontrol serta dua variabel tambahan yaitu, kesadaran halal dan gaya hidup, serta satu variabel yang bertindak sebagai variabel moderasi yaitu religiusitas. Selanjutnya, variabel dependen hanya satu yakni, keputusan pembelian. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis Structural Equation Modeling berbasis varian (SEM-PLS). Sumber data yang digunakan adalah data primer dengan jumlah sampel sebanyak 250 responden di seluruh wilayah Indonesia, data diperoleh dengan menyebarkan kuesioner. Analisis data menggunakan bantuan aplikasi SmartPLS 3. Hasil pengujian menunjukkan semua variabel signifikan dengan arah positif pada alfa 5 \%. Di lain sisi, untuk pengujian model moderasi pertama yaitu variabel kesadaran halal terhadap keputusan pembelian menunjukkan hasil tidak signifikan atau tidak memberikan kontribusi karena nilai P-value lebih besar dari nilai kritis (0,312 {\ensuremath{>}} 0,05). Adapun pengujian moderasi kedua yaitu, variabel gaya hidup terhadap keputusan pembelian yang menunjukkan hasil signifikan berarah negatif atau memberikan kontribusi memperlemah dengan nilai P-value lebih kecil dari nilai kritis (0,039{\ensuremath{<}}0,05) dan nilai koefisien regresi sebesar -0,094.} }