@phdthesis{digilib6313, month = {August}, title = {UPAYA KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU MTsN SUMBER AGUNG BANTUL YOGYAKARTA}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 06470065 Eriantik Nor Azizah}, year = {2011}, note = {Pembimbing: Dra. Wiji Hidayati, M.Ag.}, keywords = {Kinerja Guru, Kepala Madrasah, Guru}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6313/}, abstract = {ABSTRAK Meningkatkan kinerja guru merupakan salah satu bentuk upaya kepala sekolah untuk mengatasi persoalan meningkatkan mutu pendidikan. Baik itu yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas guru yang diharapkan dapat berimplikasi pada kualitas lulusan pada lembaga pendidikan seperti diadakannya penataran dan pelatihan guru. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui upaya yang dilakukan Kepala Sekolah MTsN Sumber Agung Bantul Yogyakarta dalam upaya meningkatkan kinerja guru, tujuan yang dicapai dengan adanya upaya kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru ini yaitu adanya workshop MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) dan selama ini MGMP sudah terealisasikan. Jadi ada beberapa pertemuan didalam MGMP kinerja guru-guru sesuai dengan profesionalitasannya terpenuhi dan terjamin. Setiap ada undangan guru-guru dikirim untuk mengikuti workshop bagi pengembangan pembelajaran itu sendiri sehingga kinerjanya menjadi lebih maksimal, dan itu rutin dalam jangka waktu sebulan sekali. Penelitian skripsi ini merupakan penelitian lapangan (field research), sampel yang digunakan dalam penelitian ini antara lain Kepala Madrasah MTsN Sumber Agung Bantul, Guru, Komite Madrasah. Dengan mengambil lokasi di MTsN Sumber Agung Bantul Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi (pengamatan), wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data dilakukan dengan reduksi data, triangulasi dan kesimpulan data. Sehingga data yang terkumpul dikelompokan dengan cara memilah dan memilih data yang akan digunakan, kemudian data yang ada diperiksa kembali dengan cara membandingkan data hasil observasi, dokumentasi dan data hasil wawancara. Selanjutnya disajikan dalam bentuk yang sesuai sehingga mudah dibaca dan dipahami. Kemudian data dianalisis dan diambil kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa mereka mempunyai kompetensi sesuai dengan bidangnya masing-masing, setelah mengikuti workshop MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) dan pembinaan-pembinaan, keilmuan (pengetahuan) yang dimiliki seorang guru yang disampaikan ke anak didik menjadi lebih baik. div} }