eprintid: 6316 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 8 dir: disk0/00/00/63/16 datestamp: 2023-11-17 08:02:15 lastmod: 2023-11-17 08:04:10 status_changed: 2012-05-04 16:49:55 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Erlina, NIM.: 07480003 title: FAKTOR-FAKTOR KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V B MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI YOGYAKARTA II ispublished: pub subjects: pen_mat divisions: pgmi full_text_status: restricted keywords: Kesulitan Belajar, Matematika, Evaluasi Pembelajaran note: Pembimbing: Luluk Mauluah, M.Si. abstract: ABSTRAK Dalam proses pembelajaran Matematika, guru sering menghadapi masalah adanya siswa yang tidak dapat mengikuti pelajaran dengan lancar. Dengan kata lain, guru sering menghadapi siswa-siswa yang mengalami kesulitan belajar Matematika. Oleh karena itu perlu dilakukan diagnosis faktor-faktor kesulitan belajar Matematika, apakah siswa mengalami kesulitan belajar dalam bahasa, kesulitan belajar dalam berhitung, atau kesulitan belajar dalam memahami konsep. Penggunaan diagnosislah yang dapat mengetahui penyebabnya sehingga memudahkan cara untuk mengatasinya. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) faktor-faktor kesulitan belajar Matematika apa sajakah yang dapat diidentifikasi dari siswa kelas VB MIN Yogyakarta II, (2) bagaimana faktor-faktor kesulitan belajar Matematika siswa kelas VB MIN Yogyakarta II. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi faktor-faktor kesulitan belajar Matematika yang diambil dari hasil wawancara dengan siswa dan guru beserta hasil pengisian angket yang diberikan pada siswa dan wali/orang tua siswa, aktivitas guru dan siswa selama proses pembelajaran yang diambil dari lembar observasi dan dokumentasi video, catatan lapangan untuk mencatat keadaan yang terjadi selama proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan persentase faktor-faktor kesulitan belajar Matematika siswa tergolong dalam kategori tinggi karena angka persentase 62,51 81,25%. Berikut adalah perinciannya, untuk indikator kecakapan siswa dalam mengikuti pelajaran adalah 67,71%, indikator minat belajar adalah 75%, indikator kebiasaan belajar adalah 73,96%, indikator faktor kesehatan adalah 73,34%, indikator cara guru dalam memberikan pelajaran adalah 80,21%, dan indikator faktor orangtua adalah 80,48%. div date: 2011-08-08 date_type: published pages: 137 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other refereed: TRUE referencetext: jenis bahasa : Bahasa Indonesia ; 1 update terakhir : 2011-08-08 11:49:20 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--erlinanim0-6316-1-erlina--i.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/127/digilib-uinsuka--erlinanim0-6316-1-erlina--i.pdf ; url download server lama : /download.php?id=6978 ; nama file lama : ERLINA - NIM. 07480003 FAKTOR-FAKTOR KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V B MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI YOGYAKARTA II.pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 3578687 Kb. penulis : ; 1 1 update terakhir : 2011-08-08 11:49:20 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--erlinanim0-6316-1-erlina--i.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/127/digilib-uinsuka--erlinanim0-6316-1-erlina--i.pdf ; url download server lama : /download.php?id=6978 ; nama file lama : ERLINA - NIM. 07480003 FAKTOR-FAKTOR KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V B MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI YOGYAKARTA II.pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 3578687 Kb. penulis : ; Copyright (c) 2010 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved. citation: Erlina, NIM.: 07480003 (2011) FAKTOR-FAKTOR KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V B MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI YOGYAKARTA II. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6316/1/BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6316/2/BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf