@phdthesis{digilib6317, month = {August}, title = {HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSI DAN EFIKASI DIRI AKADEMIK PADA SISWA-SISWI SMA N 2 SLEMAN }, school = {UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta}, author = {NIM. 07710073 SRI RIYANTI}, year = {2011}, note = {Pembimbing : R. Rachmy Diana, MA.}, keywords = {siwa-siswi, kecerdasan emosi, efikasi diri akademik}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6317/}, abstract = { ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosi dan efikasi diri akademik. Hipotesis dalam penelitian ini adalah ada hubungan positif antara kecerdasan emosi dan efikasi diri akademik. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa-siswi SMA Negeri 2 sleman dengan jumlah 308 siswa. Sampel penelitian ini adalah siswa-siswi kelas XI SMA N 2 Sleman dengan jumlah 102 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan skala efikasi diri akademik dan skala kecerdasan emosi. Semua analisis data menggunakan aplikasi SPSS 16.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan positif yang sangat signifikan dengan rxy = 0.701 dengan p = 0.000 (p 0.05) antara kecerdasan emosi dan efikasi diri akademik. Sumbangan efiktif kecerdasan emosi terhadap efikasi diri akademik siswa sebesar 49.1 \%. Hal ini berarti bahwa semakin tinggi kecerdasan emosi siswa maka semakin tinggi efikasi diri akademik. Sebaliknya, semakin rendah kecerdasan emosi siswa maka efikasi diri akademik siswa rendah pula. Jadi hipotesis dalam penelitian ini diterima. div } }