%0 Journal Article %@ ISSN 2303-3800 (Online), ISSN 2527-7049 (Print) %A Puji Lestari, - %A Fajriyatul Machmudah, - %D 2023 %F digilib:63181 %I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Ponorogo %J JDPP: Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran %K Blended Learning, Designing Learning, e-Learning, Learning Management System, Primary School. %N 1 %P 44-53 %T Designing The Utilization of E-learning in Primary School Post COVID-19 Pandemic %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/63181/ %V 11 %X Seiring berjalannya waktu, Pandemi COVID-19 sudah mulai mereda. Dalam dunia pendidikan sudah mulai memberlakukan pembelajaran tatap muka secara langsung. Hal ini menjadikan bahwa pembelajaran berbasis e-learning ditinggalkan. Cara belajar dan proses pembelajaran telah berubah. Kondisi ini membawa pembelajaran ke era e-learning tetap menjadi fasilitas. Mengkombinasikan teknologi informasi dan komunikasi yang tepat merupakan salah satu isu penting dalam merancang e-learning yang baik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan observasi dan metode kajian kepustakaan (library research) dengan prosedur pelaksanaan pengumpulan sumber-sumber data yang membahas tentang penjelasan, manfaat, dan keunggulan pembelajaran menggunakan e-learning. Hasil penelitian merupakan rancangan pembelajaran menggunakan e-learning mengacu pada konsep e-learning, pada empat kuadran seting belajar menurut Noord, dua kontinum strategi pembelajaran menurut Smaldino dkk., dan empat standar proses pembelajaran menurut Chaeruman, dengan lima tahapan yaitu; 1) Menentukan Kompetensi Pembelajaran; 2) Seting Pembelajaran; 3) Standar Proses Pembelajaran; 4) Strategi Pembelajaran; 5) Penggunaan LMS dalam Pembelajaran.