eprintid: 63188 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 12243 dir: disk0/00/06/31/88 datestamp: 2024-01-24 03:40:21 lastmod: 2024-01-24 03:40:21 status_changed: 2024-01-24 03:40:21 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id creators_name: Jeni Septia Nungki, NIM.: 19107010142 title: HUBUNGAN LITERASI INTERNET DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMK MA’ARIF PONJONG KABUPATEN GUNUNG KIDUL ispublished: pub subjects: PF subjects: _literasi_informasi divisions: jur_psi full_text_status: restricted keywords: Internet Literacy; Learning Motivation note: Pembimbing: Zidni Immawan Muslimin, S.Psi., M.Si abstract: Motivasi belajar merupakan suatu hasrat yang mendorong siswa dalam melaksanakan aktivitas belajar sehingga dapat mencapai tujuan belajar yang maksimal. Berkembangnya dunia teknologi informasi dan komunikasi, banyak lembaga pendidikan memanfaatkan literasi digital yang diupayakan untuk meningkatkan efektifitas dan fleksibilitas pembelajaran. Literasi digital merupakan suatu kemampuan dalam menggunakan perangkat teknologi secara bijak dan bertanggung jawab guna mendapatkan berbagai jenis informasi dari berbagai sumber. Sekarang ini literasi digital sangat berpengaruh bagi pelajar untuk mencari materi pelajaran yang kurang dipahami. Literasi digital mampu digunakan sebagai penyelesaian peningkatkan motivasi untuk belajar bagi siswa, mengingat semakin pesatnya kemajuan teknologi dan mudahnya pengaksesan setiap pengguna. Tujuan Penelitian ini ialah mengetahui seberapa pengaruh literasi digital yang dimiliki siswa terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian dilakukan di SMK Ma’arif Ponjong dengan sampel 107 siswa kelas XI. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif dan teknik pengumpulan data menggunakan instrumen angket. Teknik pengolahan data dilakukan menggunakan bantuan aplikasi SPSS Statistics Version 25.0 dan Microsoft Excel 2016. Hasil dari penelitian ini dari hasil uji hipotesis meunjukan bahwa literasi digital pada siswa memiliki hubungan positif dan signifikan secara kuat dengan motivasi belajar siswa. Semakin tinggi kemampuan literasi digital yang di miliki siswa, maka semakin tinggi motivasi belajar yang ada di dalam diri siswa. Sebaliknya apabila kurangnya pengetahuan terhadap litetasi digital pada siswa akan semakin menurunya pula motivasi belajar siswa. Sehingga dapat disimpulkan hasil penelitian ini terdapat hubungan yang signifikan dan perpengaruh positif antara literasi digital dan motivasi belajar siswa SMK Ma’arif Ponjong Kabupaten Gunung Kidul. date: 2023-12-01 date_type: published pages: 146 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN HUMANIORA thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Jeni Septia Nungki, NIM.: 19107010142 (2023) HUBUNGAN LITERASI INTERNET DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMK MA’ARIF PONJONG KABUPATEN GUNUNG KIDUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/63188/1/19107010142_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/63188/2/19107010142_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf