TY - THES N1 - Pembimbing: Dr. Nurus Sa?adah., S.Psi., M.Si., Psi., ID - digilib63262 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/63262/ A1 - Miftahul Ulum, NIM.: 21200012026 Y1 - 2023/12/07/ N2 - Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui, mendeskripsikan, dan menganalisis mengenai konsep diri pada remaja pecandu game online, faktor-faktor yang membentuk konsep diri serta pandangan teori behavioristik mengenai dinamika konsep diri remaja pecandu game online. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi sebagai pelengkap dan pendukung data penelitian. Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa konsep diri remaja pecandu game online ialah sering merasa terasing dari lingkungan sosial, kehilangan rasa percaya diri, dan mengalami perasaan rendah diri karena kurangnya prestasi di dunia nyata. Konsep diri mereka sering kali terkait erat dengan pencapaian dan popularitas di dalam permainan online, yang dapat memberi mereka perasaan keberhasilan dan pengakuan. Adapun faktor-faktor terbentuknya konsep diri pecandu game online yaitu faktor lingkungan, interaksi yang berlebihan dengan dunia maya, dan pengalaman positif dalam permainan, selain itu ada faktor psikologis juga yang menjadi faktor terbentuknya konsep diri remaja pecandu game online. Mereka menjadikan permainan sebagai bentuk pelarian dari masalah atau ketidakpastian dalam kehidupan nyata, sedangkan game online menciptakan suatu identitas yang diinginkan dan dihargai dalam dunia virtual. Selanjutnya dari perspektif teori behavirostik mengatakan bahwa remaja yang kecanduan terhadap game online cenderung melakukan perilaku tersebut karena mereka mendapatkan penghargaan atau penguatan positif dari aktivitas tersebut. Dalam hal ini, game online memberikan hadiah instan seperti pengakuan, prestise, atau pencapaian, yang mungkin tidak ditemukan dalam kehidupan sehari-hari mereka. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - self consept; remaja pecandu Game Online; behavioristik; budaya BAli M1 - masters TI - DINAMIKA KONSEP DIRI PADA REMAJA PECANDU GAME ONLINE : PERSPEKTIF TEORI BEHAVIORISTIK AV - restricted EP - 145 ER -