eprintid: 63281 rev_number: 12 eprint_status: archive userid: 12243 dir: disk0/00/06/32/81 datestamp: 2024-01-30 02:20:01 lastmod: 2024-01-30 02:20:01 status_changed: 2024-01-30 02:20:01 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id creators_name: Kamal Azmi Abdunnasir, NIM.: 19103040113 title: UPAYA PERLINDUNGAN KONSUMEN DARI KLAUSULA BAKU PERJANJIAN LEMBAGA PEMBIAYAAN KONSUMEN OLEH BADAN PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN (BPSK) KOTA YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: Konsumen subjects: il_huk divisions: il_hum full_text_status: restricted keywords: BPSK; perjanjian sengketa litigasi; klausula baku; pelaku usaha note: Pembimbing: Faisal Luqman Hakim, S.H., M.Hum. abstract: BPSK adalah Lembaga yang dibentuk dan diatur dalam Undang-undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen, yang tugas utamanya adalah menyelesaikan sengketa antara konsumen dan pelaku usaha. Dalam hal ini BPSK juga memiliki tugas dan fungsinya sebagai badan pengawasan terhadap klausula baku, Salah satu contoh kasus tentang klausula baku yang dtangani BPSK Kota Yogyakarta adalah mengenai kasus PT. Summit Oto Finance, Secara singkat kasus tersebut memperlihatkan tentang bagaimana klausula baku yang dicantumkan dalam perjanjian pembiayaan konsumen PT. Summit Oto Finance diangggap melakukan eksekusi secara sepihak dalam hal ini meminta untuk menyerahkan jaminan fidusia dikarenakan pihak debitur mengalami keterlambatan dalam melakukan pembayaran angsuran. Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (field research) yang dilakukan secara langsung di BPSK Kota Yogyakarta untuk mengetahui upaya perlindungan yang dilakukan oleh BPSK Kota Yogyakarta terhadap konsumen yang mengalami kerugian atas klausula baku pada perjanjian lembaga pembiayaan konsumen dan hambatan-hambatan yang dialami oleh BPSK Kota Yogyakarta dalam melakukan pengawasan dan perlindungan terhadap klausula baku pada perjanjian Lembaga pembiayaan konsumen. Adapun hasil penelitian ini adalah upaya perlindungan konsumen terhadap klausula baku yang dilakukan oleh BPSK Kota Yogyakarta termasuk dalam pengawasan represif. Dikatakan represif karena upaya perlindungan konsumen yang dilakukan oleh BPSK Kota Yogyakarta setelah adanya akibat yang terjadi, dalam hal ini BPSK Kota Yogyakarta akan melakukan tindakan jika adanya aduan yang diterima oleh BPSK Kota Yogyakarta terkait kerugian yang dialami konsumen terhadap klausula baku pada perjanjian lembaga pembiayaan konsumen. date: 2023-12-20 date_type: published pages: 111 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS SYARI’AH DAN HUKUM thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Kamal Azmi Abdunnasir, NIM.: 19103040113 (2023) UPAYA PERLINDUNGAN KONSUMEN DARI KLAUSULA BAKU PERJANJIAN LEMBAGA PEMBIAYAAN KONSUMEN OLEH BADAN PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN (BPSK) KOTA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/63281/1/19103040113_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/63281/2/19103040113_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf