eprintid: 6331 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 8 dir: disk0/00/00/63/31 datestamp: 2023-07-27 03:44:10 lastmod: 2023-07-27 03:45:15 status_changed: 2012-05-04 16:49:57 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: ALFIATUS SHOLIHAH, NIM.: 06600011 title: EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E ispublished: pub subjects: met_pemb subjects: pen_mat divisions: jur_pemat full_text_status: restricted keywords: Efektivitas, Learning Cycle 5E, Hasil Belajar Matematika. note: Pembimbing : 1. Muhammad Abrori, M. Kom, 2. Syariful Fahmi, S. Pd. I. abstract: ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui dan mendeskripsikan efektivitas pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 5E dibandingkan dengan model konvensional terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII MTs N Giriloyo. (2) Mengetahui dan mendeskripsikan apakah ada perbedaan hasil belajar matematika antara siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan model Learning Cycle 5E dengan siswa yang mengikuti pembelajaran secara konvensional pada siswa kelas VII semester I MTs N Giriloyo tahun ajaran 2010/2011. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen (eksperimen semu) dengan desain Posttest-Only Control Group Design. Variabel penelitian terdiri dari 2 variabel, yaitu variabel bebas berupa pembelajaran menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 5E dan variabel terikatnya berupa hasil belajar matematika. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs N Giriloyo tahun ajaran 2010/2011 sebanyak 4 kelas terdiri dari 115 siswa. Pengambilansampel dilakukan secara acak kelas karena populasi pada penelitian ini homogendan diperoleh kelas VIIB sebagai kelas eksperimen dan VIIA sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan menggunakan soal posttest dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t sampel independen (independent sample t-test) yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan homogenitas serta kriteria keefektifan dalam pembelajaran. erdasarkan analisis diperoleh hasil bahwa pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 5E lebih efektif daripada pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil tes didapatkan rata-rata nilai tes kelas eksperimen sebesar 7,27 dan rata-rata nilai tes kelas kontrol sebesar 6,11. Dengan demikian rata-rata hasil belajar matematika pokok bahasan Persamaan Linear Satu Variabel pada kelas eksperimen lebih baik dari rata-rata hasil belajar matematika pada kelas kontrol. div date: 2011-08-09 date_type: published pages: 142 institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: /S1 - Skripsi/Fakultas Saintek/ thesis_type: skripsi thesis_name: other refereed: TRUE referencetext: jenis bahasa : Bahasa Indonesia ; 1 update terakhir : 2011-08-09 10:03:29 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--alfiatussh-6331-1-alfiatus-e.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/127/digilib-uinsuka--alfiatussh-6331-1-alfiatus-e.pdf ; url download server lama : /download.php?id=6994 ; nama file lama : ALFIATUS SHOLIHAH - NIM. 06600011 EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E.pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 2015486 Kb. penulis : ; 1 1 update terakhir : 2011-08-09 10:03:29 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--alfiatussh-6331-1-alfiatus-e.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/127/digilib-uinsuka--alfiatussh-6331-1-alfiatus-e.pdf ; url download server lama : /download.php?id=6994 ; nama file lama : ALFIATUS SHOLIHAH - NIM. 06600011 EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E.pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 2015486 Kb. penulis : ; Copyright (c) 2010 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved. citation: ALFIATUS SHOLIHAH, NIM.: 06600011 (2011) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6331/1/BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA%C2%B7.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6331/2/BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR%C2%B7.pdf