@phdthesis{digilib6332, month = {August}, title = {EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP)}, school = {UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta}, author = {NIM.: 07600025 ALIFA NURHAYATI}, year = {2011}, note = {Pembimbing : 1. Drs. Sugiyono, M.Pd. 2. Mulin Nu'man, M.Pd.}, keywords = {Missouri Mathematics Project (MMP), hasil belajar}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6332/}, abstract = {ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manakah yang lebih efektif antara model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) dan pembelajaran ekspositori terhadap hasil belajar matematika. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi exsperiment) yang menggunakan Pretest-Posttest Control Group Design. Variabel dalam penelitian ini meliputi variabel bebas berupa penggunaan model pembelajaran, variabel terikat berupa hasil belajar, dan variabel kontrol berupa materi dan guru mata pelajaran. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII yang berjumlah 108 siswa. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik Cluster Random Sampling dengan subjek kelas, diperoleh kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data penelitian dilakukan menggunakan instrument tes. Teknik analisis data menggunakan uji t perbedaan rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) lebih efektif dibanding pembelajaran ekspositori terhadap hasil belajar matematika siswa. Dari hasil uji t perbedaan rata-rata dengan tingkat signifikan 0,05, diperoleh sig (2-tailed) adalah 0,007. Karena 0,007 0,05, maka Ho ditolak, artinya rata-rata gain hasil belajar siswa yang menggunakan model,pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) lebih baik dari rata-rata gain hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran ekspositori. div} }