eprintid: 6336 rev_number: 15 eprint_status: archive userid: 8 dir: disk0/00/00/63/36 datestamp: 2023-07-27 03:35:31 lastmod: 2024-04-18 03:24:16 status_changed: 2012-05-04 16:49:58 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: ARIF MUHSIN, NIM.: 07600017 title: PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS3 DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMA/MA PADA KOMPETENSI DASAR MENENTUKAN PERSAMAAN GARIS SINGGUNG PADA LINGKARAN DALAM BERBAGAI SITUASI ispublished: pub subjects: med_pemb subjects: pen_mat divisions: jur_pemat full_text_status: restricted keywords: multimedia interaktif, Adobe Flash CS3, Compact Disc note: Pembimbing : 1. Estina Ekawati, M.Pd. 2. Syariful Fahmi, S.Pd.I. abstract: Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berupa multimedia interaktif menggunakan Adobe Flash CS3 dalam pembelajaran matematika di SMA/MA pada kompetensi dasar menentukan persamaan garis singgung pada lingkaran dalam berbagai situasi, serta mendeskripsikan kualitas media pembelajaran yang sudah dikembangkan tersebut. Penelitian ini difokuskan pada pengembangan media pembelajaran matematika yang dikemas dalam bentuk Compact Disc. Langkah-langkah penelitian pengembangan ini yaitu menganalisis kompetensi dasar menentukan persamaan garis singgung pada lingkaran dalam berbagai situasi sesuai dengan Standar Isi untuk disampaikan melalui CD pembelajaran, mengumpulkan referensi, merencanakan dan memilih jenis media pembelajaran yang akan digunakan, pembuatan CD pembelajaran yang membahas tentang kompetensi dasar menentukan persamaan garis singgung pada lingkaran dalam berbagai situasi untuk siswa SMA/MA, mengadakan validasi CD pembelajaran yang telah direvisi kepada 2 orang ahli materi dan pembelajaran, dan 2 orang ahli media, 12 siswa pada uji kelas kecil, dan 32 siswa pada uji kelas besar menggunakan instrumen penilaian atau lembar instrumen penelitian kualitas media pembelajaran. Penelitian ini telah berhasil mengembangkan CD pembelajaran matematika yang mempunyai kualitas Sangat Baik (SB), dengan skor 109,75 dari skor maksimal ideal 125 dan persentase keidealan sebesar 87,8%. Berdasarkan penilaian tersebut, maka CD pembelajaran matematika ini layak digunakan sebagai sumber belajar bagi siswa. div date: 2011-08-09 date_type: published pages: 104 institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: /S1 - Skripsi/Fakultas Saintek/ thesis_type: skripsi thesis_name: other refereed: TRUE referencetext: jenis bahasa : Bahasa Indonesia ; 1 update terakhir : 2011-08-09 11:09:10 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--arifmuhsin-6338-1-arifmuh-3.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/127/digilib-uinsuka--arifmuhsin-6338-1-arifmuh-3.pdf ; url download server lama : /download.php?id=7001 ; nama file lama : ARIF MUHSIN - NIM. 07600017 PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS3.pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 6356152 Kb. penulis : ; 1 1 update terakhir : 2011-08-09 11:09:10 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--arifmuhsin-6338-1-arifmuh-3.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/127/digilib-uinsuka--arifmuhsin-6338-1-arifmuh-3.pdf ; url download server lama : /download.php?id=7001 ; nama file lama : ARIF MUHSIN - NIM. 07600017 PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS3.pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 6356152 Kb. penulis : ; Copyright (c) 2010 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved. citation: ARIF MUHSIN, NIM.: 07600017 (2011) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS3 DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMA/MA PADA KOMPETENSI DASAR MENENTUKAN PERSAMAAN GARIS SINGGUNG PADA LINGKARAN DALAM BERBAGAI SITUASI. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6336/7/07600017_BAB%20I_BAB%20IV_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6336/2/BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR%C2%B7.pdf