<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "RESEPSI TERHADAP AYAT-AYAT AL-QUR’AN DALAM KONTEN KOMIK AL-QUR’AN DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM (TINJAUAN ATAS AKUN @AKHLAQPEDIA DAN AKUN @FQE.ID)"^^ . "Transformasi pengkajian al-Qurān di era kontemporer mengalami\r\nperkembangan yang signifikan dengan menggunakan media sosial seperti\r\ninstagram sebagai alat promosi dalam menyebarkan ajaran al-Qurān dan tafsirnya.\r\nKajian al-Qurān konsisten dihadirkan oleh kreator dengan memberikan penafsiran\r\nal-Qurān yang tercermin mengikuti adaptasi tradisi kekinian anak muda melalui\r\nvisualisasi konten komik al-Qurān. Komik yang dahulu identik dengan cerita humor\r\ndianggap tidak memberikan manfaat. Namun hal ini berbeda pada unggahan akun\r\n@fqe.id yang memberikan penjelasan QS. al-Ma>’u>n [107]: 4-5 dengan\r\nmenggambarkan seorang laki-laki yang sedang asyik bermain game barunya secara\r\nadiktif sehingga melewatkan waktu untuk shalat berjamaah. Kelalain itu datang\r\ndikarenakan adanya gangguan dari setan yang menggoda manusia dan ditunjukkan\r\npada slide terakhir postingan komik. Kemudian akun @analella_ yang memberikan\r\npenjelasan QS. al-Baqarah [2]: 61 dengan menggambarkan tiga orang pemuda yang\r\nsemangat mengikuti war tiket konser jutaan rupiah, begadang menonton bola,\r\nnonton film namun malas untuk mengikuti kajian berbayar, shalat subuh di masjid\r\ndan membaca al-Qurān satu halaman.\r\nPenelitian ini hadir berupaya untuk menjelaskan bagaimana resepsi terhadap\r\nayat-ayat al-Qur’ān dalam konten komik al-Qur’ān di instagram. Dalam ranah\r\nakademik penelitian ini dapat menjadi salah satu kontribusi dalam diskursus studi\r\nal-Qur’ān yang berkaitan dengan media sosial. Penelitian ini menggunakan teori\r\nresepsi al-Qur’ān dan teori terkait media baru dengan metode analisis kualitatif.\r\nHasil dari penelitian ini adalah; pertama, tujuan awal pembuatan komik yang\r\nmenciptakan gambar-gambar dengan tema cerita lucu berkembang dan tidak lagi\r\nterbatas pada bentuk strip dengan hal-hal lucu. Perkembangan dunia komik tersebut\r\nmelahirkan beberapa elemen, jenis dan genre komik sesuai dengan konteksnya.\r\nElemen komik berupa panel, parit, balon kata, ilustrasi, efek dan juga alur cerita.\r\nJenis komik dibagi kedalam bentuk, yaitu komik bersambung (strips), buku komik\r\n(comic books), komik bentuk web (web comic) atau yang lebih dikenal dengan\r\nkomik online. Sedangkan genre komik berdasarkan situs web\r\nfreecomibookday.com dibagi dalam delapan genre, seperti; superhero, romantis,\r\nmanga, slice of life, humor, non-fiksi dan fantasi/fiksi ilmiah. Kedua, beberapa\r\ntipologi konten komik yang hadir telah diidentifikasi berdasarkan kehadirannya di\r\ninstagram, diantaranya; konten komik humor konten komik edukasi, konten komik\r\nkesehatan, konten komik promosi, konten komik dakwah dan konten komik al-\r\nQur’ān. Ketiga, resepsi al-Qur’ān memberikan pola pemikiran baru dalam\r\npembuatan konten komik berdasarkan al-Qur’ān di instagram. Para kreator\r\nmeresepsi al-Qur’ān secara eksegesis, estetik dan fungsional melalui konten komik\r\nal-Qur’ān di instagram. Konten komik al-Qur’ān juga mengkonstruksi pengguna\r\ninstagram, dimana peresepsian al-Qur’ān oleh kreator melalui gambar, tulisan dan\r\nikon-ikon yang menarik berdasarkan unsur komik. Kreator konten komik al-Qur’ān\r\nmampu menyampaikan pesan-pesan pemaknaan dari ayat al-Qur’ān dan dapat\r\ndirespon oleh netizen dalam kolom komentar. Konten tersebut juga memberikan\r\npengaruh kepada pengikutnya dengan meminta maupun menghadirkan komentar\r\nyang ingin menjawab dan menyelesaikan permasalahan yang sedang dialaminya."^^ . "2023-11-12" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS USHULUDDIN, STUDI AGAMA DAN PEMIKIRAN ISLAM, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM.: 21205032001"^^ . "Rahmat IR. Limbong"^^ . "NIM.: 21205032001 Rahmat IR. Limbong"^^ . . . . . . "RESEPSI TERHADAP AYAT-AYAT AL-QUR’AN DALAM KONTEN KOMIK AL-QUR’AN DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM (TINJAUAN ATAS AKUN @AKHLAQPEDIA DAN AKUN @FQE.ID) (Text)"^^ . . . . . "21205032001_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "RESEPSI TERHADAP AYAT-AYAT AL-QUR’AN DALAM KONTEN KOMIK AL-QUR’AN DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM (TINJAUAN ATAS AKUN @AKHLAQPEDIA DAN AKUN @FQE.ID) (Text)"^^ . . . . . "RESEPSI TERHADAP AYAT-AYAT AL-QUR’AN DALAM KONTEN KOMIK AL-QUR’AN DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM (TINJAUAN ATAS AKUN @AKHLAQPEDIA DAN AKUN @FQE.ID) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "RESEPSI TERHADAP AYAT-AYAT AL-QUR’AN DALAM KONTEN KOMIK AL-QUR’AN DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM (TINJAUAN ATAS AKUN @AKHLAQPEDIA DAN AKUN @FQE.ID) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "RESEPSI TERHADAP AYAT-AYAT AL-QUR’AN DALAM KONTEN KOMIK AL-QUR’AN DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM (TINJAUAN ATAS AKUN @AKHLAQPEDIA DAN AKUN @FQE.ID) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "RESEPSI TERHADAP AYAT-AYAT AL-QUR’AN DALAM KONTEN KOMIK AL-QUR’AN DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM (TINJAUAN ATAS AKUN @AKHLAQPEDIA DAN AKUN @FQE.ID) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "RESEPSI TERHADAP AYAT-AYAT AL-QUR’AN DALAM KONTEN KOMIK AL-QUR’AN DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM (TINJAUAN ATAS AKUN @AKHLAQPEDIA DAN AKUN @FQE.ID) (Other)"^^ . . . . . . "RESEPSI TERHADAP AYAT-AYAT AL-QUR’AN DALAM KONTEN KOMIK AL-QUR’AN DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM (TINJAUAN ATAS AKUN @AKHLAQPEDIA DAN AKUN @FQE.ID) (Other)"^^ . . . . . . "RESEPSI TERHADAP AYAT-AYAT AL-QUR’AN DALAM KONTEN KOMIK AL-QUR’AN DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM (TINJAUAN ATAS AKUN @AKHLAQPEDIA DAN AKUN @FQE.ID) (Other)"^^ . . . . . . "RESEPSI TERHADAP AYAT-AYAT AL-QUR’AN DALAM KONTEN KOMIK AL-QUR’AN DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM (TINJAUAN ATAS AKUN @AKHLAQPEDIA DAN AKUN @FQE.ID) (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #63438 \n\nRESEPSI TERHADAP AYAT-AYAT AL-QUR’AN DALAM KONTEN KOMIK AL-QUR’AN DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM (TINJAUAN ATAS AKUN @AKHLAQPEDIA DAN AKUN @FQE.ID)\n\n" . "text/html" . . . "Ilmu Alqur’an dan Tafsir " . .