@phdthesis{digilib6349, month = {August}, title = {PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN CERPEN KIMIA UNTUK SMA/MA KELAS XI SEMESTER 1}, school = {UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta}, author = { ECEP MULYANA - NIM. 06670017}, year = {2011}, note = {Pembimbing : Dr. Das Salirawati, M.Si.}, keywords = {pengembangan, media pembelajaran, cerpen kimia}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6349/}, abstract = {Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan di bidang pendidikan kimia. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran cerpen kimia untuk SMA/MA kelas XI semester 1 yang memenuhi kriteria kualitas media pembelajaran yang baik dan mengetahui kualitas media pembelajaran cerpen kimia yang dikembangkan berdasarkan penilaian lima guru kimia SMA/MA. Model pengembangan yang digunakan adalah model prosedural, yaitu model yang bersifat deskriptif, menggariskan langkah-langkah yang harus diikuti untuk menghasilkan produk. Media pembelajaran cerpen kimia yang disusun terdiri dari empat bab, yaitu: (1) Struktur Atom, Sistem Periodik, Ikatan Kimia; (2) Termokimia; (3) Laju Reaksi; (4) Kesetimbangan Kimia. Produk awal media pembelajaran cerpen kimia ditinjau dan diberi masukan oleh ahli media dan peer reviewer. Kualitas media pembelajaran cerpen kimia dinilai oleh lima guru kimia SMA/MA dengan mengisi angket penilaian yang berisi 8 aspek penilaian, yaitu pendekatan penulisan, kebenaran konsep, kedalaman konsep, keluasan konsep, keterlaksanaan, kebahasaan, anatomi cerpen, dan tampilan menyeluruh. Hasil penelitian pengembangan ini adalah media pembelajaran cerpen kimia untuk SMA/MA kelas XI semester 1. Kualitas media pembelajaran cerpen kimia berdasarkan pada penilaian lima guru kimia SMA/MA terhadap aspek pendekatan penulisan, kebenaran konsep, kedalaman konsep, keluasan konsep, keterlaksanaan, kebahasaan, anatomi cerpen, dan tampilan menyeluruh memiliki kualitas Sangat Baik (SB) dengan nilai rata-rata 125,80, sehingga cerpen kimia layak digunakan sebagai sumber belajar penunjang dan media pembelajaran bagi peserta didik. } }