%0 Thesis %9 Skripsi %A FATMAKHUZAHROH, NIM.: 06670030 %B /S1 - Skripsi/Fakultas Saintek/ %D 2011 %F digilib:6356 %I UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta %K Model pembelajaran Accelerated Learning dengan pendekatan SAVI, kreativitas belajar, hasil belajar, dan efektivitas pembelajaran dengan pendekatan SAVI %T UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA DAN REATIVITAS DENGAN MODEL ACCELERATED LEARNING MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAVI %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6356/ %X ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar, kreativitas, dan mengetahui efektivitas penerapan pendekatan SAVI pada siswa XB MA Wahid Hasyim Yogyakarta dalam pembelajaran kimia dengan pokok bahasan Senyawa Hidrokarbon. Penelitian ini menggunakan model Accelerated Learning dengan pendekatan SAVI (Somatis, Visual, Audiotori, dan Intelektual). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas ( PTK) dengan subyek siswa kelas XB MA Wahid Hasyim Yogyakarta pada semester genap tahun ajaran 2010/2011 dengan jumlah 16 siswa. Sedangkan obyek dari penelitian ini adalah keseluruhan proses pembelajaran dengan model Accelerated Learning menggunakan pendekatan SAVI, kreativitas, dan hasil belajar siswa. Pembelajaran SAVI dilaksanakan secara terpadu dalam beberapa metode yaitu peta konsep, praktikum, diskusi presentasi, dan perlombaan. Penelitian tindakan kelas ini telah terlaksana sebanyak 2 siklus yang terdiri dari 2 kali pertemuan pada siklus I dan 2 kali pertemuan pada siklus II. Data penelitian diperoleh dari angket anggapan siswa mengenai pembelajaran SAVI, observasi, wawancara, hasil tes siklus, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif yang didukung dengan data kuantitatif melalui beberapa tahapan yaitu pengumpulan data, reduksi data, dan kesimpulan. Pembelajaran dengan pendekatan SAVI mampu meningkatkan hasil belajar kimia dan kreativitas siswa. Hasil belajar kimia siswa diperoleh nilai rata- rata 6,1pada siklus I dan 6,67 pada siklus II, sedangkan kreativitas memperoleh prosentase sebesar 83,25% pada siklus I dan 89,5% pada siklus II. Sesuai dengan hasil belajar kimia dan kreativitas siswa yang mengalami peningkatan dan didukung oleh hasil angket yang meningkat pula dari siklus I sebesar 66,8% menjadi 72,8% pada siklus II, maka peneliti menyimpulkan bahwa pembelajaran dengan model Accelerated Learning Menggunakan Pendekatan SAVI efektif diterapkan dalam pembelajaran kimia siswa kelas XB MA Wahid Hasyim Yogyakarta. div %Z Pembimbing: Panji Hidayat, M. Pd.