TY - THES N1 - Pembimbing: Prof. Dr. Sigit Purnama, S. Pd. I., M. Pd ID - digilib63589 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/63589/ A1 - Maula Lutfi Nur Laili, NIM.: 17104030068 Y1 - 2023/08/28/ N2 - Penelitian ini dilatar belakangi oleh proses pembelajaran tari secara daring untuk anak usia dini. Keputusan ini dipilih sebagai langkah melanjutkan pembelajaran yang terhambat karena covid 19. Dengan pembelajaran secara online akan berpengaruh pada perkembangan fisik motorik anak. Tujuan pengembangkan video Tari Dinggu untuk anak usia dini sebagai media pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan fisik motorik anak usia dini secara online. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan RnD (Research and Development). Pada penelitian RnD ini peneliti menggunakan Model Sugiyono dengan mengambil delapan langkah. Langkah-langkah yang digunakan oleh peneliti yaitu (1) Potensi dan Masalah, (2) Mengumpulkan Data, (3) Desain Produk, (4) Validasi Desain, (5) Revisi Desain, (6) Uji Coba Terbatas, (7) Revisi Produk, (8) Uji Coba Pemakaian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, pengembangan media pembelajaran video Tari Dinggu dapat diselesaikan menggunakan delapan langkah sesuai metode RnD. Kedua, kelayakan media pembelajaran video Tari Dinggu Modifikasi diperoleh dari hasil uji coba terbatas dengan presentase 71,5% dan uji coba pemakaian dengan presentase 84,5%. Ketiga, peningkatan kemampuan fisik motorik anak usia 5-6 tahun di TK PKK 6 Sudimoro setelah menggunakan media dibuktikan dengan presentase sebelum menggunakan media 60% dan setelah menggunakan media memperoleh presentase 84,5%. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran video Tari Dinggu dimodifikasi untuk meningkatkan kemampuan fisik motorik anak. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - video pembelajaran tari; media pembelajaran; tari anak usia dini; motorik anak. M1 - skripsi TI - PENGEMBANGAN VIDEO TARI DINGGU MODIFIKASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN FISIK MOTORIK ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK PKK 6 SUDIMORO AV - restricted EP - 138 ER -