%0 Thesis %9 Skripsi %A HENI PURWANINGSIH - NIM. 06690037, %B Fakultas Saintek %D 2011 %F digilib:6359 %I UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta %K Peta konsep, PBL, Metakognisi. %T PENGARUH PENGGUNAAN PETA KONSEP PADA MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP METAKOGNISI SISWA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6359/ %X Model Problem Based Learning (PBL) menjadi salah satu alternatif model pembelajaran. Peta konsep dapat digunakan sebagai alat evaluasi untuk memecahkan masalah pada model PBL. Kesadaran berfikir siswa untuk membuat peta konsep dalam memecahkan masalah pada model PBL dapat diketahui melalui metakognisi siswa, sehingga dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan peta konsep pada model PBL khususnya pokok bahasan kemagnetan terhadap metakognisi siswa dan mengetahui kontribusi penggunaan peta konsep pada model PBL untuk pokok bahasan kemagnetan terhadap metakognisi siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 15 Yogyakarta, sedangkan sampelnya adalah siswa kelas IX-C dan IX-D. Teknik penentuan sampel adalah dengan teknik random sampling. Metode yang digunakan adalah metode dokumentasi, metode tes, metode observasi dan metode angket. Setelah data diperoleh kemudian data dianalisis menggunakan analisis regresi sederhana satu variabel bebas. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa penggunaan peta konsep pada model PBL mempengaruhi metakognisi siswa dan mempunyai kontribusi sebesar 47,8%. Kontribusi penggunaan peta konsep pada model PBL pada penelitian ini termasuk kriteria cukup dalam mempengaruhi metakognisi siswa. Namun kontribusi ini tergolong kecil dikarenakan peneliti tidak mengontrol siswa secara intensif saat menjawab angket metakognisi siswa. %Z Pembimbing: 1. Thaqibul Fikri Niyartama, M.Si. 2. Winarti, M.Pd.Si.