eprintid: 63593 rev_number: 12 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/06/35/93 datestamp: 2024-02-12 04:44:21 lastmod: 2024-02-12 04:44:21 status_changed: 2024-02-12 04:44:21 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Fhiskha Fauzia Tussyifa, NIM.: 17104020059 title: EKSPERIMENTASI METODE IMLA’ DALAM PENINGKATAN MAHARAH AL-KITABAH PADA PROSES PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS VII MTS MA’ARIF NU SRUMBUNG TAHUN AJARAN 2023/2024 ispublished: pub subjects: met_pemb subjects: pba divisions: jur_pba full_text_status: restricted keywords: Eksperimen, Metode Imla’ , Mahârah Al-Kitabah, Bahasa Arab note: Pembimbing: Nurhapsari Pradnya Paramita, M.Pd.I abstract: Tujuan eksperimen ini adalah untuk mengetahui kemampuan kemahiran menulis pada siswa serta untuk mengetahui pengaruh metode Imla’ dalam meningkatkan kemampuan menulis pada proses pembelajaran Bahasa Arab di kelas VII MTs Ma’arif NU Srumbung Magelang. Adapun metode penelitian yang penulis gunakan yaitu kuantitatif dengan rancangan eksperimen. Populasi penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas VII MTs Ma’arif NU Srumbung Magelang. Jumlah siswa kelas VII MTs Ma’arif Nu Srumbung adalah 49 siswa sebagai sampel dengan rincian sebagai kelas kontrol sekaligus sebagai kelas eksperimen. Hasil penelitian yang dilakukan di Mts Ma’arif NU Srumbung Magelang menunjukkan bahwa eksperimentasi metode imla’ berpengaruh dalam meningkatkan Mahârah al-Kitâbah pada proses pembelajaran Bahasa Arab dengan nilai sig 0,000 < 0,05. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil thitung > ttabel (6,304 > 1.677). Dengan demikian, dapat disimpulkan pembelajaran di kelas eksperimen dengan menerapkan metode imla’ mengalami peningkatan lebih signifikan dalam keterampilan menulis bahasa Arab dibandingkan pembelajaran di kelas kontrol yang tanpa menerapkan metode imla’. date: 2023-12-15 date_type: published pages: 155 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other refereed: TRUE citation: Fhiskha Fauzia Tussyifa, NIM.: 17104020059 (2023) EKSPERIMENTASI METODE IMLA’ DALAM PENINGKATAN MAHARAH AL-KITABAH PADA PROSES PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS VII MTS MA’ARIF NU SRUMBUNG TAHUN AJARAN 2023/2024. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/63593/1/17104020059_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/63593/2/17104020059_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf