eprintid: 63605 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/06/36/05 datestamp: 2024-02-12 02:57:23 lastmod: 2024-02-12 02:57:23 status_changed: 2024-02-12 02:57:23 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Nela Anggraini Kusumastuti, NIM.: 19107020044 title: PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI BELANJA ONLINE SHOPEE TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF PADA REMAJA DI DESA PELAWAD KECAMATAN CIRUAS KABUPATEN SERANG BANTEN ispublished: pub subjects: sosio divisions: jur_sos full_text_status: restricted keywords: Remaja, Belanja online, Shopee, dan Perilaku Konsumtif note: Pembimbing: Dr. Astri Hanjarwati, S.Sos., M.A. abstract: Shopee hadir sebagai aplikasi belanaj online yang disukai oleh remaja saat ini. Kemudahan dan keamanan yang diberikan menjadikan Shopee sebagai aplikasi belanja online teratas. Dengan menggunakan Shopee, remaja dapat berbelanja kapanpun dan dimanapun. Namun hal tersebut menimbulkan perilaku konsumtif di kalangan remaja. Konsumsi yang dilakukan menjadi tidak terkontrol dan sulit untuk ditahan. Bahkan mampu mengaburkan garis antara kebutuhan dan keinginan semata. Sehingga tujuan dari penelitian ini ialah untuk melihat bagaimana pengaruh penggunaan aplikasi Shopee terhadap perilaku konsumtif remaja di Desa Pelawad dan faktor apa saja yang mempengaruhi hal tersebut. Teori yang digunakan dalam penelitian ini ialah teori konsumerisme Jean Baudrillard. Dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif, data akan dianalisis melalui uji regresi sederhana menggunakan aplikasi SPSS versi 25 for windows. Adapun teknik pengumpulan data adalah dengan menyebar kuesioner dalam bentuk google form kepada 85 remaja di Desa Pelawad. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan didapatkan hasil bahwa: hipotesis yang menyatakan bahwa penggunaan aplikasi belanja online Shopee memiliki pengaruh terhadap perilaku konsumtif remaja di Desa Pelawad memperoleh nilai signifikansi 0,000 atau < 0,05 yang berarti hipotesis diterima. Adapun besaran pengaruhnya sebesar 30,5%, dengan faktor yang mempengaruhi diantaranya: kemudahan dan keamanan dalam penggunaan Shopee, menghemat waktu dan biaya, dan juga tawaran menarik Shopee.adapun faktor lain yang turut mempengaruhi ialah rasa gengsi, status sosial, citra diri, dan juga impulsive buying. Melalui pengujian regresi sederhana didapatkan persamaan Y = 31.968 + 0,303X. Persamaan tersebut dapat diartikan bahwa besaran nilai perubahan perilaku konsumtif remaja di Desa Pelawad ialah sebesar 31.968 dan besaran nilai pengaruh penggunaan aplikasi Shopee ialah sebesar 0,303. Maka, apabila variabel penggunaan aplikasi Shopee meningkat 1 satuan, perilaku konsumtif remaja di Desa Pelawad juga ikut meningkat sebesar 0,303 satuan date: 2024-01-10 date_type: published pages: 134 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN HUMANIORA thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Nela Anggraini Kusumastuti, NIM.: 19107020044 (2024) PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI BELANJA ONLINE SHOPEE TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF PADA REMAJA DI DESA PELAWAD KECAMATAN CIRUAS KABUPATEN SERANG BANTEN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/63605/1/19107020044_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/63605/2/19107020044_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf