%0 Thesis %9 Skripsi %A Lilies Endah Dwi Hartanti, NIM.: 18104030063 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2023 %F digilib:63625 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K English Vocabulary; Early Childhood; YouTube Cocomelon %P 130 %T PENGARUH PEMANFAATAN VIDEO YOUTUBE COCOMELON TERHADAP PENINGKATAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS PADA KELOMPOK B1 DI TK ABA PAJANGAN SENDANGTIRTO BERBAH SLEMAN YOGYAKARTA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/63625/ %X Penelitian ini dilatarbelakangi adanya keingin tahuan peneliti terhadap pengaruh pemanfaatan video YouTube Cocomelon dan bagaimana proses pembelajaran bahasa Inggris menggunakan video YouTube Cocomelon, apakah terdapat peningkatan kosakata bahasa Inggris setelah menonton video YoTube Cocomelon. Jenis penelitian ini adalah penelitian Eksperimen. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian pre-exsperimental design (nondesign) yang menggunakan desain One group Pretest-Postetst. Desain ini terdapat pretest sebelum diberikan perlakuan dan posttest setelah diberikan perlakuan. metode pengumpulan data meliputi observasi, tes, dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah kelompok B1 Taman Kanak-kanak Aisyiyayah Bustanul Athfal Pajangan sebanyak 15 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil uji hipotesis rata-rata N-Gain peningkatan kosakata bahasa Inggis pada kelompok B1 TK ABA Pajangan yang diperoleh pada nilai T sebesar 9,777 dengan signifikan 0,00 < 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima karena terdapat peningkatan kosakata bahasa Inggris pada kelompok eksperimen. Berdasarkan data nilai rata-rata peningkatan kosakata bahasa Inggris setelah diadakan pretest dan posttest pada kelompok eksperimen antar kelompok kontrol ternyata pada kelompok eksperimen lebih tinggi dari kelompok kontrol. Terbukti jika kelompok eksperimen yang diberikan perlakuan menonton video YouTube Cocomelon mengalami peningkatan pada kosakata bahasa Inggris sedangkan kelompok kontral tidak ada peningkatan secara signifikan %Z Pembimbing: Dr. Drs. Ichsan, M.Pd