eprintid: 63626 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 12243 dir: disk0/00/06/36/26 datestamp: 2024-02-13 01:51:34 lastmod: 2024-02-13 01:51:34 status_changed: 2024-02-13 01:51:34 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id creators_name: Lisa Tri Utami, NIM: 18104080056 title: ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN CACAH MENURUT TEORI GEORGE POLYA DI KELAS V SD NEGERI DELEGAN 2 PRAMBANAN SLEMAN ispublished: pub subjects: pg_mi divisions: pgmi full_text_status: restricted keywords: kesulitan belajar; Teori George Polya; berhitung note: Pembimbing: Luluk Mauluah, M.Si., M.Pd. abstract: Hal-hal yang melatarbelakangi penelitian ini yaitu ditemukannya permasalahan yang ada pada siswa berupa gejala kesulitan belajar. Gejala kesulitan belajar siswa antara lain siswa kesulitan dalam memahami soal cerita dan siswa lamban dalam menyelesaikan soal operasi hitung bilangan cacah. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal matematika materi operasi hitung bilangan cacah menurut teori George Polya di kelas V SD Negeri Delegan 2 dan mengetahui faktor penyebab kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal matematika materi operasi hitung bilang cacah di kelas V SD Negeri Delegan 2. Jenis penelitian ini adalah peneltian deskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data berupa observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Tes terdiri dari 8 soal cerita yang dikerjakan oleh semua siswa kelas V SD Negeri Delegan 2 yang berjumlah 23 siswa. Tes dibagi menjadi 2 tahap yaitu tahap pertama untuk soal nomor 1 sampai 4 dan tahap kedua untuk soal nomor 5 sampai 8. Penelitian ini dianalisis menggunakan analisis data model Miles and Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada empat kesulitan yang dialami oleh siswa yaitu kesulitan memahami masalah sebanyak 13 siswa, kesulitan membuat rencana sebanyak 15 siswa, kesulitan melaksanakan rencana sebanyak 21 siswa, dan kesulitan memeriksa ulang jawaban sebanyak 23 siswa. Sedangkan faktor penyebab kesulitan siswa yaitu belum lancar membaca, tidak memahami masalah dalam soal cerita, kurangnya keterampilan operasi aritmatika, dan kurangnya keterampilan perkalian 1 sampai 10. date: 2023-12-23 date_type: published pages: 213 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Lisa Tri Utami, NIM: 18104080056 (2023) ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN CACAH MENURUT TEORI GEORGE POLYA DI KELAS V SD NEGERI DELEGAN 2 PRAMBANAN SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/63626/1/18104080056_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/63626/2/18104080056_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf