<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA KONTEKSTUAL PADA MATERI PERBANDINGAN BERDASARKAN KRITERIA WATSON DITINJAU DARI GAYA BELAJAR"^^ . "Analisis kesalahan dalam menyelesaikan soal dirasa penting dilakukan\r\ndengan tujuan untuk mengetahui jenis kesalahan siswa saat mengerjakan soal\r\nsupaya tidak terulang kesalahan yang sama. Kesalahan yang dilakukan siswa\r\ndipengaruhi oleh karakteristik siswa. Salah satu karakteristik siswa tersebut adalah\r\ngaya belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan yang\r\ndilakukan siswa dalam menyelesaikan soal matematika kontekstual pada materi\r\nperbandingan berdasarkan kriteria Watson ditinjau dari gaya belajar serta\r\nmenghasilkan desain pembelajaran guna mengantisipasi kesalahan-kesalahan\r\nyang dilakukan siswa.\r\nPenelitian ini berjenis deskriptif-kualitatif dan menggunakan model\r\nADDIE. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu tes tertulis, angket\r\ngaya belajar, dan wawancara. Setelah data kesalahan didapatkan selanjutnya\r\ndipaparkan dan dianalisis menggunakan teknik analisis data menurut Miles dan\r\nHuberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan ksimpulan.\r\nHasil kesalahan yang didapatkan dijadikan acuan untuk mengembangkan desain\r\npembelajaran. Subjek penelitian berjumlah 6 siswa kelas VII dengan ketentuan\r\ndua siswa pada masing-masing gaya belajar yaitu gaya belajar visual, auditorial,\r\ndan kinestetik.\r\nHasil penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa: (1) siswa yang memiliki\r\ngaya belajar visual melakukan enam dari delapan jenis kategori kesalahan Watson\r\nyang meliputi data tidak tepat, prosedur tidak tepat, kesimpulan hilang, konflik\r\nlevel respon, manipulasi tidak langsung, dan masalah hierarki keterampilan. (2)\r\nsiswa yang memiliki gaya belajar auditorial melakukan tujuh dari delapan jenis\r\nkategori kesalahan Watson yang meliputi data tidak tepat, prosedur tidak tepat,\r\ndata hilang, kesimpulan hilang, konflik level respon, masalah hierarki\r\nketerampilan, dan selain ke-7 kategori. (3) siswa yang memiliki gaya belajar\r\nkinestetik melakukan seluruh jenis kategori kesalahan Watson. (4) Langkah\r\npembelajaran yang dapat digunakan untuk mengatasi kesalahan siswa yaitu\r\nmengorientasikan siswa pada masalah, mengorganisaskan siswa untuk belajar,\r\nmembimbing penyelidikan individu maupun kelompok, mengembangkan dan\r\nmenyajikan hasil karya, serta menganalisis dan mengevalusi proses pemecahan\r\nmasalah (5) Langkah pembelajaran tersebut dikembangkan dalam bentuk RPP\r\nuntuk mengantisipasi kesalahan yang dilakukan siswa."^^ . "2023-12-22" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM.: 19104040045"^^ . "Anisa Divani Salma"^^ . "NIM.: 19104040045 Anisa Divani Salma"^^ . . . . . . "ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA KONTEKSTUAL PADA MATERI PERBANDINGAN BERDASARKAN KRITERIA WATSON DITINJAU DARI GAYA BELAJAR (Text)"^^ . . . . . "19104040045_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA KONTEKSTUAL PADA MATERI PERBANDINGAN BERDASARKAN KRITERIA WATSON DITINJAU DARI GAYA BELAJAR (Text)"^^ . . . . . "ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA KONTEKSTUAL PADA MATERI PERBANDINGAN BERDASARKAN KRITERIA WATSON DITINJAU DARI GAYA BELAJAR (Other)"^^ . . . . . . "ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA KONTEKSTUAL PADA MATERI PERBANDINGAN BERDASARKAN KRITERIA WATSON DITINJAU DARI GAYA BELAJAR (Other)"^^ . . . . . . "ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA KONTEKSTUAL PADA MATERI PERBANDINGAN BERDASARKAN KRITERIA WATSON DITINJAU DARI GAYA BELAJAR (Other)"^^ . . . . . . "ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA KONTEKSTUAL PADA MATERI PERBANDINGAN BERDASARKAN KRITERIA WATSON DITINJAU DARI GAYA BELAJAR (Other)"^^ . . . . . . "ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA KONTEKSTUAL PADA MATERI PERBANDINGAN BERDASARKAN KRITERIA WATSON DITINJAU DARI GAYA BELAJAR (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA KONTEKSTUAL PADA MATERI PERBANDINGAN BERDASARKAN KRITERIA WATSON DITINJAU DARI GAYA BELAJAR (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA KONTEKSTUAL PADA MATERI PERBANDINGAN BERDASARKAN KRITERIA WATSON DITINJAU DARI GAYA BELAJAR (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA KONTEKSTUAL PADA MATERI PERBANDINGAN BERDASARKAN KRITERIA WATSON DITINJAU DARI GAYA BELAJAR (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #63632 \n\nANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA KONTEKSTUAL PADA MATERI PERBANDINGAN BERDASARKAN KRITERIA WATSON DITINJAU DARI GAYA BELAJAR\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Matematika" . .