eprintid: 63633 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/06/36/33 datestamp: 2024-02-13 03:31:33 lastmod: 2024-02-13 03:31:33 status_changed: 2024-02-13 03:31:33 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Aninda Aulia Rahayu, NIM.: 19104040055 title: ANALISIS KESALAHAN SISWA BERDASARKAN PROSEDUR NEWMAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI ARITMETIKA SOSIAL DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR ispublished: pub subjects: ev_pend subjects: pen_mat divisions: pr_pendidikan_matematika_s1 full_text_status: restricted keywords: Kemandirian Belajar, Kesalahan, Prosedur Newman note: Pembimbing: Wed Giyarti, M.Si, dan Dr. Mulin Nu’man, S.Pd., M.Pd abstract: Matematika dapat melatih siswa untuk berpikir kritis, tetapi dukungan yang guru berikan saat kegiatan pembelajaran untuk melatih kemampuan berpikir kritis siswa masih tergolong minim. Maka dari itu, kegiatan belajar mengajar perlu diperbaiki. Sebelum memperbaiki proses belajar mengajar, perlu diketahui masalah belajar yang dialami siswa dengan menganalisis kesalahan siswa menggunakan prosedur Newman. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal kemampuan berpikir kritis ditinjau dari kemandirian belajar dan mengembangkan desain pembelajaran untuk mengatasi kesalahan siswa. Jenis penelitian ini yaitu kualitatif dan Didactical Design Research. Subjek penelitian terdiri dari 12 siswa kelas VII A MTs Irsyadul Anam Tahun Ajaran 2022/2023. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner kemandirian belajar, tes tertulis, dan wawancara. Setelah data kesalahan didapatkan selanjutnya dipaparkan dan dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil kesalahan yang didapatkan dijadikan sebagai acuan untuk mengembangkan desain pembelajaran. Desain pembelajaran yang telah dibuat selanjutnya diuji validitasnya. Hasil penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa: 1) Siswa dengan skor kemandirian belajar fase pemikiran yang tinggi dan fase kontrol kinerja yang rendah melakukan seluruh jenis kesalahan Newman, 2) Siswa dengan skor kemandirian belajar fase pemikiran yang rendah, kontrol kinerja yang tinggi, refleksi diri yang tinggi, dan refleksi diri yang rendah melakukan kesalahan memahami, kesalahan transformasi, kesalahan keterampilan proses, dan kesalahan menyimpulkan. 3) Langkah pembelajaran yang dapat dilakukan untuk mengatasi kesalahan siswa yaitu mengorientasikan siswa pada masalah, mengorganisasikan siswa untuk belajar, membantu siswa investigasi mandiri dan berkelompok, membantu siswa mengembangkan dan menyajikan hasil karya, dan membimbing siswa menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. 4) Langkah pembelajaran tersebut dikembangkan dalam bentuk RPP dan dapat digunakan untuk mengatasi kesalahan yang dilakukan siswa. date: 2023-12-21 date_type: published pages: 387 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Aninda Aulia Rahayu, NIM.: 19104040055 (2023) ANALISIS KESALAHAN SISWA BERDASARKAN PROSEDUR NEWMAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI ARITMETIKA SOSIAL DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/63633/1/19104040055_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/63633/2/19104040055_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf