eprintid: 63636 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 12243 dir: disk0/00/06/36/36 datestamp: 2024-02-12 07:08:27 lastmod: 2024-02-12 07:08:27 status_changed: 2024-02-12 07:08:27 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id creators_name: Syamsul Ma’arif Ilyas, NIM.: 21205031030 title: MEDIATISASI PEMAKNAAN AYAT AYAT KELUARGA DALAM INSTAGRAM @KELUARGAHAMZI ispublished: pub subjects: iath subjects: ms divisions: pr_iat_s2 full_text_status: restricted keywords: @keluargahamzi; Ayat-Ayat Keluarga; tafsir di Media Sosial. note: Pembimbing: Bapak Dr. Mahbub Ghozali abstract: Makna teks al-Qur’ān yang dihadirkan di media sosial mengalami pergeseran yang disesuaikan dengan kebutuhan, maksud dan tujuan tertentu. Akun Instagram @keluargahamzi merupakan akun yang berfokus pada konten seputar inspirasi keluarga Islami dengan menghadirkan ayat-ayat al-Qur’ān dan hadis-hadis Nabi sebagai landasan konten yang diunggahnya. Pemaknaan terhadap ayat-ayat keluarga yang diberikan oleh pemilik akun mengabaikan makna asli ayat al-Qur’ān yang mengakibatkan pemanfaatan media sosial sebagai agen dalam membentuk pemahaman keagamaan seputar ayat-ayat keluarga untuk kepentingan dan tujuan tertentu. Penelitian ini akan menjawab dua rumusan masalah yaitu, bagaimana pemetaan ayat-ayat keluarga dalam Instagram @keluargahamzi? dan bagaimana proses mediatisasi pemaknaan atas ayat-ayat keluarga dalam Instagram @keluargahamzi?. Rumusan dari pertanyaan-pertanyaan tersebut akan dijawab dengan menggunakan teori mediatisasi agama Stig Hjarvard. Teori ini dipilih karena memiliki alat kerja yang sesuai dengan kebutuhan dalam penelitian ini. Penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian kualitatif yang didasarkan pada studi kepustakaan (library research) sekaligus etnografi. Hasil penelitian ini menunjukkan pemetaan ayat-ayat keluarga dalam Instagram @keluargahamzi yang dikelompokkan dalam tiga tipologi yaitu, pertama, tugas dan kewajiban orang tua (suami-istri) dalam rumah tangga, kedua, tugas dan kewajiba laki-laki (ayah sekaligus suami) dalam rumah tangga, dan terakhi, tuntunan-tuntunan lainnya dalam rumah tangga, yang tidak termasuk dalam kategori pertama dan kedua. Selanjutnya, proses mediatisasi dalam Instagram @keluargahamzi dimulai dengan melakukan identifikasi terhadap user atau pemilik akun, di mana identitas user terdiri dari tiga tingkatan yaitu, tanpa pengetahuan agama, punya pemahaman agama, dan ahli agama. berdasarkan analisis penulis, pemilik akun Instagram @keluargahamzi masuk dalam tingkatan kedua yaitu sebagai user yang punya pemahaman agama, terlihat dari kesesuaian makna yang dihadirkan dengan makna literal ayat dan juga penggunaan simbol yang disesuaikan dengan pemaknaan yang ditampilkan. Penggunaan simbolisasi agama menunjukkan bahwa @keluargahamzi menggunakan media Instagram sebagai language yang memfokuskan pada cara media memformat pesan dan membingkai hubungan antara pengirim, isi, dan penerima. Dengan memanfaatkan fitur dari media yang digunakan dalam memproduksi sekaligus mendistribusikan pemaknaan ayat-ayat keluarga, Instagram @keluargahamzi membentuk pemaknaan ayat al-Qur’ān yang masuk pada bentuk agama yang dimediasi dari aspek media keagamaan (religious media). date: 2023-12-15 date_type: published pages: 167 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS USHULUDDIN DAN PEMIKIRAN ISLAM thesis_type: masters thesis_name: other citation: Syamsul Ma’arif Ilyas, NIM.: 21205031030 (2023) MEDIATISASI PEMAKNAAN AYAT AYAT KELUARGA DALAM INSTAGRAM @KELUARGAHAMZI. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/63636/1/21205031030_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/63636/2/21205031030_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf