TY - THES N1 - Pembimbing: 1. Drs. Subagya M.Si 2. Iwan Kuswidi, S.Pd.I, M.Sc. ID - digilib6364 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6364/ A1 - IKHSANUDIN - NIM. 04430964, Y1 - 2011/09/08/ N2 - ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pelaksanaan pembelajaran berhitung penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20 menggunakan jarimatika di kelas D1 SLB-A YAAT Klaten serta meningkatkan kemampuan berhitung siswa pada materi tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) secara kolaboratif. Seting penelitian ini adalah kelas D1 SLB-A YAAT Klaten yang mempunyai 3 siswa. Tahapan dalam penelitian tindakan terdiri dari empat langkah, yaitu perencanaan (planning), tindakan (acting) dan pengamatan (observing),dan reflesksi (reflecting). Penelitian dilakukan dalam dua siklus, siklus 1 dilakukan dalam 5 pertemuan, sedangkan siklus 2 dilakukan dalam 3 pertemuan. Data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil observasi, hasil tes evaluasi, hasil wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi. Setelah dilakukan pembelajaran berhitung penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20 menggunakan jarimatika, menunjukan bahwa kemampuan berhitung siswa kelas D1 SLB-A YAAT Klaten mengalami peningkatan. Hal ini dapat ditunjukkan dari meningkatnya hasil tes evaluasi siswa dari siklus 1 ke siklus 2. Pada siklus 1 siswa A mendapatkan nilai 73,3 sedangkan pada siklus 2 mendapatkan nilai 93,3. Siswa B pada siklus 1 mendapatkan nilai 60 sedangkan pada siklus 2 mendapatkan nilai 80. Siswa C pada siklus 1 mendapatkan nilai 33,3 sedangkan pada siklus 2 mendapatkan nilai 46,6. Selain itu, hasil observasi siswa juga menunjukkan bahwa kemampuan berhitung penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20 siswa kelas D1 SLB-A YAAT Klaten dari siklus 1 ke siklus 2 mengalami peningkatan. div PB - UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta KW - Berhitung Penjumlahan dan Pengurangan KW - Jarimatika M1 - skripsi TI - UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN SAMPAI 20 MENGGUNAKAN JARIMATIKA AV - restricted ER -