%A NIM.: 18104090053 Windo Aryati Yunita %O Pembimbing: Heru Sulistya, M.Pd. %T PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MEMBINA DISIPLIN PESERTA DIDIK PADA MASA PANDEMI COVID-19 TAHUN 2021-2022 DI SDN 2 BUMI KENCANA SUMATERA SELATAN %X Pembinaan disiplin bagian dari suksesnya pendidikan di Indonesia. Penanaman sikap disiplin peserta didik yang diterapkan kepala sekolah SDN 2 Bumi Kencana dengan pendekatan positif. Pada masa pandemi covid-19, kepala sekolah mempunyai peran terbesar. Tujuan penelitian: (1) pentingnya disiplin peserta didik; (2) peran kepala sekolah dalam membina disiplin peserta didik pada masa pandemi covid-19; (3) faktor pendukung dan penghambat pembinaan disiplin. Penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif, teknik pengambilan sampel purposive sampling. Teknik pengambilan data: observasi, wawancara dan dokumentasi. Peneliti menggunakan triangulasi teknik, triangulasi sumber dan triangulasi waktu untuk menjamin kredibilitas data. Hasil penelitian: (1) kedisiplinan peserta didik menciptakan suasana nyaman di sekolah, meningkatkan standar perilaku dan kemandirian peserta didik. (2) peran kepala sekolah SDN 2 Bumi Kencana Sumatera Selatan dalam menghadapi masa pandemi covid-19: sosialisasi kepada guru mengenai pencegahan penyebaran virus covid-19 melalui rapat bulanan, kemudian guru menyampaikan kepada peserta didik dan wali murid melalui grub whatsapp, memberlakukan pembelajaran daring atau pembelajaran tatap muka terbatas, melakukan evaluasi. (3) faktor pendukung: izin dari kepala sekolah, kesadaran diri mematuhi tata tertib, keteladanan orangtua dan guru, media pembelajaran daring. Faktor penghambat: kurangnya pengawasan orang tua, kurangnya minat dan motivasi belajar, waktu penyampaian materi terbatas, dan jaringan internet yang kurang memadai. %K pembinaan disiplin; kepala sekolah; Pandemi Covid-19; peserta didik %D 2023 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib63687