eprintid: 63687 rev_number: 12 eprint_status: archive userid: 12243 dir: disk0/00/06/36/87 datestamp: 2024-02-15 01:28:16 lastmod: 2024-02-15 01:28:16 status_changed: 2024-02-15 01:28:16 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id creators_name: Windo Aryati Yunita, NIM.: 18104090053 title: PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MEMBINA DISIPLIN PESERTA DIDIK PADA MASA PANDEMI COVID-19 TAHUN 2021-2022 DI SDN 2 BUMI KENCANA SUMATERA SELATAN ispublished: pub subjects: kepala subjects: manj_pend divisions: jur_kis2 full_text_status: restricted keywords: pembinaan disiplin; kepala sekolah; Pandemi Covid-19; peserta didik note: Pembimbing: Heru Sulistya, M.Pd. abstract: Pembinaan disiplin bagian dari suksesnya pendidikan di Indonesia. Penanaman sikap disiplin peserta didik yang diterapkan kepala sekolah SDN 2 Bumi Kencana dengan pendekatan positif. Pada masa pandemi covid-19, kepala sekolah mempunyai peran terbesar. Tujuan penelitian: (1) pentingnya disiplin peserta didik; (2) peran kepala sekolah dalam membina disiplin peserta didik pada masa pandemi covid-19; (3) faktor pendukung dan penghambat pembinaan disiplin. Penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif, teknik pengambilan sampel purposive sampling. Teknik pengambilan data: observasi, wawancara dan dokumentasi. Peneliti menggunakan triangulasi teknik, triangulasi sumber dan triangulasi waktu untuk menjamin kredibilitas data. Hasil penelitian: (1) kedisiplinan peserta didik menciptakan suasana nyaman di sekolah, meningkatkan standar perilaku dan kemandirian peserta didik. (2) peran kepala sekolah SDN 2 Bumi Kencana Sumatera Selatan dalam menghadapi masa pandemi covid-19: sosialisasi kepada guru mengenai pencegahan penyebaran virus covid-19 melalui rapat bulanan, kemudian guru menyampaikan kepada peserta didik dan wali murid melalui grub whatsapp, memberlakukan pembelajaran daring atau pembelajaran tatap muka terbatas, melakukan evaluasi. (3) faktor pendukung: izin dari kepala sekolah, kesadaran diri mematuhi tata tertib, keteladanan orangtua dan guru, media pembelajaran daring. Faktor penghambat: kurangnya pengawasan orang tua, kurangnya minat dan motivasi belajar, waktu penyampaian materi terbatas, dan jaringan internet yang kurang memadai. date: 2023-10-23 date_type: published pages: 176 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Windo Aryati Yunita, NIM.: 18104090053 (2023) PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MEMBINA DISIPLIN PESERTA DIDIK PADA MASA PANDEMI COVID-19 TAHUN 2021-2022 DI SDN 2 BUMI KENCANA SUMATERA SELATAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/63687/1/18104090053_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/63687/2/18104090053_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf