@phdthesis{digilib6369, month = {September}, title = {PENGEMBANGAN BUKU PETUNJUK PRAKTIKUM KIMIA SMA-MA KELAS XI SEMESTER 2 BERDASARKAN STANDAR ISI 2006}, school = {UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta}, author = { LAILA MIFTAHUL KHASANAH - NIM.06670029}, year = {2011}, note = {Pembimbing: Shidiq Premono, S.Pd.I,}, keywords = {buku petunjuk praktikum, penelitian pengembangan, Standar Isi 2006}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6369/}, abstract = {Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model pengembangan prosedural. Penelitian ini bertujuan menyusun Buku Petunjuk Praktikum Kimia SMA/MA Kelas XI Semester 2 Berdasarkan Standar Isi 2006 yang dapat dipakai sebagai sumber belajar penunjang dalam pembelajaran kimia. Selain itu, untuk mengetahui kualitas Buku Petunjuk Praktikum Kimia berdasarkan Standar Isi 2006. Kualitas buku petujuk praktikum ini berdasarkan penilaian 3 guru kimia SMA/MA dan 10 peserta didik SMA/MA kelas XI. Prosedur pengembangan buku petunjuk praktikum terdiri atas empat tahap, yaitu tahap perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan penilaian produk. Buku petunjuk praktikum diberi masukan oleh 1 orang dosen pembimbing, 3 orang teman sejawat (peer reviewer), 1 orang ahli media, dan 1 orang ahli materi. Buku petunjuk praktikum ini kemudian dinilai kualitasnya oleh 3 orang guru kimia SMA/MA dan 10 peserta didik SMA/MA kelas XI di Yogyakarta. Penilaian yang dilakukan oleh guru meliputi 8 aspek penilaian dengan 26 indikator penilaian. Penilaian yang dilakukan oleh peserta didik hanya meliputi 2 aspek dengan 10 indikator penilaian. Hasil penilaian berupa data kualitatif kemudian ditabulasi dan dianalisis dengan pedoman kriteria kategori penilaian ideal untuk menentukan kualitas buku petunjuk praktikum. Hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan bahwa buku petunjuk praktikum yang telah dikembangkan mempunyai kualitas sangat baik (SB) menurut penilaian guru. Kualitas buku petunjuk praktikum yang telah disusun diperoleh skor rata-rata 110,33 dengan persentase keidealan 84,87\% dan penilaian menurut peserta didik diperoleh skor rata-rata 39,70 dengan persentase keidealan 79,40 \%, sehingga buku petunjuk praktikum ini dapat dikategorikan mempunyai kualitas baik (B). } }