relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/63702/ title: PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (PCK) PENDIDIK DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA MATERI PENYAJIAN DATA creator: Uswatun Khasanah, NIM: 18106000041 subject: Pendidikan Matematika description: PCK adalah hubungan antara pedagogi dan konten. PCK menggambarkan kemampuan pendidik untuk mengintegrasikan antara pengetahuan konten ke dalam pengetahuan tentang kurikulum, pengajaran dan karaketristik peserta didik, yang dapat membimbing pendidik dalam menyusun strategi pembelajaran. Pendidik profesional, khususnya pendidik Matematika, tidak hanya menguasai materi matematika saja, namun juga harus mempunyai pemahaman dan kemampuan dalam memadukan materi, kurikulum, belajar, pengajaran serta peserta didik, salah satunya adalah Pedagogical Content Knowledge (PCK) yang baik. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Pedagogical Content Knowledge PCK pendidik matematika kelas VII pada materi Penyajian Data. Jenis penelitian ini adalah deskripstif kualitatif dengan subjek penelitian adalah 2 pendidik kelas VII di SMP Muhammadiyah 8 Yogyakarta yang mengajar topik yang sama. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi proses pembelajaran, wawancara pendidik dan metode dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data penelitian ini menggunakan teknik analisis data menurut Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, pengujian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa PCK 2 pendidik kelas VII di SMP Muhammadiyah 8 Yogyakarta yang ditinjau dari PCK Murni, pengetahuan konteks pedagogik dan pengetahuan pedagogik dalam konteks materi yaitu: Pendidik 1 pada kategori PCK murni, pengetahuan konten dan konteks pedagogis, pengetahuan pedagogi dalam konteks konten sudah baik karena memenuhi semua indikator. Pendidik 2 pada kategori PCK murni, pengetahuan konten dan konteks pedagogis, pengetahuan pedagogi dalam konteks konten sudah baik karena sudah memenuhi indikator. date: 2023-08-14 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/63702/12/18106000041_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/63702/2/18106000041_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf identifier: Uswatun Khasanah, NIM: 18106000041 (2023) PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (PCK) PENDIDIK DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA MATERI PENYAJIAN DATA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.