eprintid: 63702 rev_number: 17 eprint_status: archive userid: 12243 dir: disk0/00/06/37/02 datestamp: 2024-02-15 02:57:24 lastmod: 2024-02-15 03:01:12 status_changed: 2024-02-15 02:57:24 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id creators_name: Uswatun Khasanah, NIM: 18106000041 title: PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (PCK) PENDIDIK DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA MATERI PENYAJIAN DATA ispublished: pub subjects: pen_mat divisions: pr_pendidikan_matematika_s1 full_text_status: restricted keywords: PCK, pengetahuan pedagogik; RPP; Pembelajaran Matematika note: Pembimbing: Burhanuddin Latif, M.Si. abstract: PCK adalah hubungan antara pedagogi dan konten. PCK menggambarkan kemampuan pendidik untuk mengintegrasikan antara pengetahuan konten ke dalam pengetahuan tentang kurikulum, pengajaran dan karaketristik peserta didik, yang dapat membimbing pendidik dalam menyusun strategi pembelajaran. Pendidik profesional, khususnya pendidik Matematika, tidak hanya menguasai materi matematika saja, namun juga harus mempunyai pemahaman dan kemampuan dalam memadukan materi, kurikulum, belajar, pengajaran serta peserta didik, salah satunya adalah Pedagogical Content Knowledge (PCK) yang baik. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Pedagogical Content Knowledge PCK pendidik matematika kelas VII pada materi Penyajian Data. Jenis penelitian ini adalah deskripstif kualitatif dengan subjek penelitian adalah 2 pendidik kelas VII di SMP Muhammadiyah 8 Yogyakarta yang mengajar topik yang sama. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi proses pembelajaran, wawancara pendidik dan metode dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data penelitian ini menggunakan teknik analisis data menurut Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, pengujian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa PCK 2 pendidik kelas VII di SMP Muhammadiyah 8 Yogyakarta yang ditinjau dari PCK Murni, pengetahuan konteks pedagogik dan pengetahuan pedagogik dalam konteks materi yaitu: Pendidik 1 pada kategori PCK murni, pengetahuan konten dan konteks pedagogis, pengetahuan pedagogi dalam konteks konten sudah baik karena memenuhi semua indikator. Pendidik 2 pada kategori PCK murni, pengetahuan konten dan konteks pedagogis, pengetahuan pedagogi dalam konteks konten sudah baik karena sudah memenuhi indikator. date: 2023-08-14 date_type: published pages: 134 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Uswatun Khasanah, NIM: 18106000041 (2023) PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (PCK) PENDIDIK DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA MATERI PENYAJIAN DATA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/63702/12/18106000041_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/63702/2/18106000041_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf