TY - THES N1 - Pembimbing: Dr. Winarti, M.Pd. ID - digilib63706 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/63706/ A1 - Dina Aulia, NIM: 18106090039 Y1 - 2023/11/23/ N2 - Media pembelajaran Augmented Reality adalah media pembelajaran yang menggabungkan objek buatan computer baik dua dimensi atau tiga dimensi ke dalam lingkungan nyata di sekitar pengguna secara real time. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis Augmented Reality terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik, (2) Mengetahui berapa besar pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis Augmented Reality terhadap peningkatan keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimen dengan Nonequivalent Control Group Design. Pengambilan sampel dengan Teknik Purposive Sampling. Instrumen yang digunakan berupa soal pretest-posttest. Teknik analisis data yang digunakan adalah Teknik statistic nonparametrik yaitu Uji Mann-Whitney dan Normalized gain (N-gain). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Terdapat pengaruh penggunaan media Augmented Reality terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik (2) Media pembelajaran Augmented Reality efektif untuk meningkatkan kemapuan berpikir tingkat tinggi peserta didik dengan effect size didapatkan adalah 0,354 kategori sedang. Hasil ini media pembelajran Augmented Reality efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - keterampilan berpikir ; Induksi Elektromagnetik; media pembelajaran; pembelajaran fisika M1 - skripsi TI - PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUGMENTED REALITY TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PESERTA DIDIK PADA MATERI INDUKSI ELEKTROMAGNETIK AV - restricted EP - 163 ER -