eprintid: 63706 rev_number: 12 eprint_status: archive userid: 12243 dir: disk0/00/06/37/06 datestamp: 2024-02-15 05:38:13 lastmod: 2024-02-15 05:38:13 status_changed: 2024-02-15 05:38:13 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id creators_name: Dina Aulia, NIM: 18106090039 title: PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUGMENTED REALITY TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PESERTA DIDIK PADA MATERI INDUKSI ELEKTROMAGNETIK ispublished: pub subjects: Pen_fis subjects: med_pemb divisions: pr_pendidikan_fisika_s1 full_text_status: restricted keywords: keterampilan berpikir ; Induksi Elektromagnetik; media pembelajaran; pembelajaran fisika note: Pembimbing: Dr. Winarti, M.Pd. abstract: Media pembelajaran Augmented Reality adalah media pembelajaran yang menggabungkan objek buatan computer baik dua dimensi atau tiga dimensi ke dalam lingkungan nyata di sekitar pengguna secara real time. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis Augmented Reality terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik, (2) Mengetahui berapa besar pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis Augmented Reality terhadap peningkatan keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimen dengan Nonequivalent Control Group Design. Pengambilan sampel dengan Teknik Purposive Sampling. Instrumen yang digunakan berupa soal pretest-posttest. Teknik analisis data yang digunakan adalah Teknik statistic nonparametrik yaitu Uji Mann-Whitney dan Normalized gain (N-gain). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Terdapat pengaruh penggunaan media Augmented Reality terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik (2) Media pembelajaran Augmented Reality efektif untuk meningkatkan kemapuan berpikir tingkat tinggi peserta didik dengan effect size didapatkan adalah 0,354 kategori sedang. Hasil ini media pembelajran Augmented Reality efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik. date: 2023-11-23 date_type: published pages: 163 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Dina Aulia, NIM: 18106090039 (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUGMENTED REALITY TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PESERTA DIDIK PADA MATERI INDUKSI ELEKTROMAGNETIK. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/63706/1/18106090039_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/63706/2/18106090039_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf