TY - THES N1 - Pembimbing: Prof. Dr. Eva Latipah, S.Ag., S.Psi., M.Si. ID - digilib63770 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/63770/ A1 - Retno Eka Riyandani, NIM.: 19104010133 Y1 - 2023/11/27/ N2 - Latar belakang penelitian ini adalah adanya perkembangan teknologi digital tentunya memiliki dampak negatif maupun positif di berbagai aspek kehidupan, salah satunya adalah bidang pendidikan. Hampir semua kalangan sudah terdampak hal tersebut, dengan maraknya berbagai jenis media sosial. Salah satunya adalah peserta didik di sekolah yang sudah memiliki rasa kecanduan untuk menggunakan teknologi digital. Hal tersebut tentunya akan sangat berpengaruh terhadap minat belajar siswa. Pembelajaran Pendidikan Agama Islam merupakan salah satu pembelajaran yang ada disekolah tentunya juga menjadi pembelajaran yang diharapkan mampu menyelaraskan dampak penggunaan media sosial tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kecanduan media sosial dengan minat belajar pai siswa kelas V di SDN 2 Surya Adi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas V A dan V B di SDN 2 Surya Adi Kabupaten Ogan Komering Ilir, dengan sampel penelitian 53 siswa dari kelas V A dan V B. Data diambil menggunakan uji validitas dan realibilitas. Uji hipotesis dilakukan menggunakan analisis regresi linear sederhana, dengan teknik SPSS 22 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat korelasi yang positif antara kecanduan media sosial dengan penurunan minat belajar PAI siswa kelas V di SDN 2 Surya Adi Kabupaten Ogan Komering Ilir. Hasil uji hipotesis hubungan antara kecanduan media sosial dengan minat belajar siswa diperoleh nilai r = 0,613 dan nilai p = 0,036, sehingga dapat disimpulkan ada hubungaan yang positif dan signifikan karena p = 0,036< 0,050. Ini artinya semakin tinggi tingkat kecanduan media sosial semakin tinggi penurunan minat belajar PAI. Sebanyak 37,6% penurunan minat belajar PAI siswa dipengaruhi oleh media sosial sedangkan sisanya sebanyak 62,4% di akibatkan oleh-oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Nilai rhitung yaitu 0,613 berada diantara 0.600?0.799 yang berarti koefesien korelasi yang dihasilkan termasuk dalam kategori kuat. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - social media; minat belajar; kurikulum PAI M1 - skripsi TI - HUBUNGAN KECANDUAN MEDIA SOSIAL DENGAN MINAT BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS V DI SDN 2 SURYA ADI KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR PROVINSI SUMATERA SELATAN AV - restricted EP - 163 ER -