@phdthesis{digilib63774, month = {October}, title = {IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN ASWAJA PADA ANAK USIA DINI DI KELOMPOK B5 RA MASYITHOH KARANGANOM PLERET BANTUL YOGYAKARTA}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 19104030001 Rini Melawati}, year = {2023}, note = {Pembimbing: Dr. Rohinah, S. Pd. I., MA.}, keywords = {Pembelajaran Aswaja; guru; kurikulum madrasah}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/63774/}, abstract = {Latar belakang penelitian ini adalah sekolah memiliki peran penting dalam menanamkan atau mentranmisikan nilai-nilai ideologi tertentu berkaitan dengan hubungan lembaga pendidikan. Ideologi yang ingin dikembangkan didalam proses pembelajaran anak usia dini, diantaranya adalah pembelajaran aswaja. Pembelajaran aswaja merupakan salah satu cara untuk mengenalkan dan menanamkan nilai-nilai aswaja kepada kalangan anak muda, remaja khususnya pelajar. Penanaman nilai-nilai sangat baik jika dimulai sejak anak usia dini, sehingga nilai-nilai tersebut dapat mengalami proses internalisasi secara intensif. adapun tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui bagaimana implementasi pembelajaran aswaja di kelas B5 RA Masyithoh Karanganom (2) untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat dalam implementasi pembelajaran aswaja di kelas B5 RA Masyithoh Karanganom. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan lokasi penelitian di Kelompok B5 RA Masyithoh Karanganom Pleret Bantul Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengambilan data dilakukan dengan cara menggali sumber data dari kepala sekolah dan guru wali kelas B5. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dengan menggunakan reduksi data, analisis data, penyajian data, kemudian penarikan kesimpulan. Tringulasi yang digunakan yaitu tringulasi data dan tringulasi teknik. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa: (1) Implementasi pembelajaran aswaja di RA Masyithoh Karanganom dilakukan tiga tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian. Perencanaan dalam pembelajaran dimulai dari kurikulum sekolah, kemudian RPPM dan RPPH. Untuk pelaksanaan implementasi pembelajaran aswaja dilakukan dalam proses pembelajaran dan pembiasaan-pembiasaan dan untuk penilaian dalam implementasi pembelajaran aswaja dilakukan oleh pendidik menggunakan skala percapaian perkembangan anak.(2) faktor pendukung implementasi pembelajaran aswaja di kelas B5 RA Masyithoh Karanganom antara lain: kurikulum madrasah, pengajar/guru, lingkungan yang mendukung, fasilitas yang memadai. Sedangkan faktor penghambatnya antara lain: teman yang usil, dan kesehatan anak.} }