TY - THES N1 - Nidya Ferry Wulandari, M.Pd. ID - digilib63778 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/63778/ A1 - Defrista Sabrina Putri, NIM.: 21104040029 Y1 - 2025/08/13/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas model pembelajaran Learning Cycle 7E dengan metode Teams Games Tournament (TGT) terhadap kemampuan berpikir kreatif dan kepercayaan diri siswa SMP. Latar belakang masalah menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif dan kepercayaan diri siswa dalam pembelajaran matematika masih tergolong rendah, yang disebabkan oleh kurangnya variasi model pembelajaran dan minimnya kesempatan siswa untuk mengembangkan potensi diri. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis eksperimen semu (quasi-experiment) dan desain Non-Equivalent Control Group. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII di salah satu SMP kota Yogyakarta tahun ajaran 2024/2025. Sampel penelitian dipilih menggunakan teknik cluster random sampling, menghasilkan tiga kelompok: kelas eksperimen I (menerapkan model learning cycle 7E dengan metode Teams Games Tournament (TGT)), kelas eksperimen II (menerapkan model learning cycle 7E), dan kelas kontrol (menerapkan pembelajaran konvensional). Data dikumpulkan melalui tes kemampuan berpikir kreatif (Pretest- Posttest) dan skala kepercayaan diri (Prescale-Postscale). Analisis data dilakukan menggunakan uji prasyarat (normalitas dan homogenitas) dilanjutkan dengan uji One- Way ANOVA atau alternatif uji Kruskal-Wallis. Adapun hasil penelitian terhadap kemampuan berpikir kreatif menunjukkan bahwa model pembelajaran learning cycle 7E dengan metode Teams Games Tournament (TGT) tidak lebih efektif daripada model pembelajaran learning cycle 7E, model pembelajaran learning cycle 7E dengan metode Teams Games Tournament (TGT) tidak lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional, dan model pembelajaran learning cycle 7E lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional. Sedangkan terhadap kepercayaan diri menunjukkan bahwa model pembelajaran learning cycle 7E dengan metode Teams Games Tournament (TGT) lebih efektif daripada model pembelajaran learning cycle 7E, model pembelajaran learning cycle 7E dengan metode Teams Games Tournament (TGT) lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional, dan model pembelajaran learning cycle 7E lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Learning Cycle 7E; Teams Games Tournament (TGT); berpikir kreatif; kepercayaan diri. M1 - skripsi TI - EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E DENGAN METODE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA SMP AV - restricted EP - 620 ER -