%0 Thesis %9 Masters %A Ikke Nurjanah Sinaga, NIM.: 20200012064 %B PASCASARJANA %D 2022 %F digilib:63780 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K karier; siswa; orang tua tunggal; bimbingan konseling %P 155 %T STRATEGI PERENCANAAN KARIER SISWA DENGAN ORANG TUA TUNGGAL DI MTS QUR’AN KISARAN ASAHAN SUMATERA UTARA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/63780/ %X Tesis ini mengkaji dan mendeskripsikan strategi perencanaan karier siswa dengan orang tua tunggal di MTs Qur’an Kisaran Asahan Sumatera Utara. Penelitian dilatarbelakangi berdasarkan hasil assesment melalui Alat Ungkap Masalah (AUM) Umum dan wawancara terhadap 24 siswa dengan orang tua tunggal yang mengalami rendahnya perencanaan karier yang ditandai dengan adanya kecemasan dan kebimbangan diakibatkan oleh minimnya kemampuan siswa dalam merencanakan, memilih dan menetapkan studi lanjutan, keputusan karier di masa yang akan datang serta pemilihan cita-cita yang tidak sesuai dengan bakat, minat dan kemampuan yang dimiliki. Penelitian ini juga dilatarbelakangi berdasarkan tugas perkembangan masa remaja yang sudah semestinya dimiliki remaja yakni memiliki kemampuan dalam pemahaman mengenai bakat, minat, arah kecenderungan karier serta mempersiapkan pilihan karier dan berperan dalam kehidupan masyarakat terkait. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek/informan pada penelitian ini adalah guru bimbingan konseling, guru mata pelajaran, wakil kepala sekolah (bidang kurikulum dan bidang kesiswaan), staf tata usaha dan siswa kelas IX dengan orang tua tunggal. Adapun pemilihan subjek/informan dilakukan dengan teknik purposive sampling dan proses pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Proses analisis data dilakukan dengan mereduksi data, menyajikan data dan diakhiri dengan penarikan kesimpulan, untuk menguji keabsahan data, peneliti melakukan triangulasi dengan metode wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi guru bimbingan konseling dalam mengembangkan perencanaan karier siswa dengan orang Tua tunggal memiliki perbedaan dengan siswa orang Tua lengkap pada umumnya. Adapun strategi guru bimbingan konseling dalam mengembangkan perencanaan karier siswa dengan orang Tua tunggal dengan melaksanakan layanan informasi format klasikal dengan media pohon karier dan PPT media proyektor, melaksanakan konseling individual serta pengajaran remidial. Namun dalam penerapan strategi tersebut, guru bimbingan konseling juga mengalami berbagai kendala yaitu jumlah alokasi waktu tidak memadai, terbatasnya sarana dan prasarana dan pembiayaan bimbingan konseling, minimnya kolaborasi antara guru bimbingan konseling dengan personil sekolah, dan minimnya kolaborasi guru bimbingan konseling dengan orang tua siswa. %Z Pembimbing: Dr. Nurus Sa’adah, S.Psi., M.Si., Psi.