eprintid: 6382 rev_number: 25 eprint_status: archive userid: 82 dir: disk0/00/00/63/82 datestamp: 2013-03-18 09:17:27 lastmod: 2017-03-20 03:16:47 status_changed: 2012-05-04 16:50:04 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: AHMAD MINAN ZUHRI - NIM. 06470018 , title: PENDIDIKAN DAMAI (PEACE EDUCATION) DALAM ISLAM ispublished: pub subjects: tykpi divisions: jur_kis full_text_status: restricted keywords: Pendidikan Damai note: Pembimbing: Dr.H. Maragustam Siregar, M.A. abstract: Penelitian ini memliliki latar belakang bahwa Indonesia adalah salah satu negara multikultural terbesar di dunia. Kebenaran pernyataan ini dapat dilihat dari kondisi sosio-kultural maupun geografis yang begitu beragam dan luas. Realita tersebut menjadikan Indonesia sebagai negara yang pluralis. Pluralisme multidimensional ini telah membentuk mozaik ke-Indonesia-an yang sangat indah dan mempesona, tetapi sekaligus rawan terhadap konflik. Ketidakmampuan mengelola pluralisme inilah yang bisa mendorong terjadinya gejolak sosial politik yang bernuansa SARA (Suku, Agama, Ras, Antar golongan) yang terjadi separatis pada saat ini. Dari banyaknya penyimpangan-penyimpangan di setiap aspek kehidupan tersebut menjadikan keterpurukan bagi umat manusia. Pendidikan damai (Peace Education) dalam Islam mucul sebagai alternatif untuk menjawab tantangan zaman yang tidak tentu arah. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah: (1). Mengkaji, mendiskripsikan serta membahas pendidikan damai dalam Islam; (2). Menjelaskan urgensi pendidikan damai dalam Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library reseach). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan filosofis-pragmatis. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, maka metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah metode deskriptif-analitik. Hasil penelitian ini adalah: (1) Dalam nash (al-Qur'an dan Hadis) sebenarnya sudah begitu banyak menjelaskan tentang bagaimana Allah dan Rasul-Nya memberikan pendidikan damai yang terhimpun dalam bingkai Islam. Dalam arti kata bahwa di dalam nash sudah menjelaskan bagaimana hubungan manusia dengan Allah, hubungan manusia dengan sesama, hubungan manusia dengan Alam. Namun kendalanya yaitu seringkali manusia itu sendiri yang mengabaikan ajaran-ajaran tersebut. (2) Pendidikan damai dalam Islam dalam kajian yang penulis sampaikan ternyata mempunyai arti penting dalam menjalani kehidupan ini, sebab dalam pendidikan damai dalam Islam yang penulis sampaikan mempunyai beberapa aspek bagaimana caranya berhubungan yang damai, yaitu berhubungan damai dengan Allah, berhubungan damai dengan manusia, dan berhubungan damai dengan Alam, dan untuk memudahkan dalam menjalankannya disana juga telah penulis sampaikan bagaimana materi dan metode yang digunakan untuk memberikan pendidikan damai menurut Islam. date: 2011-09-12 date_type: published institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: Fakultas Tarbiyah thesis_type: skripsi thesis_name: other refereed: TRUE referencetext: update terakhir : 2011-09-12 14:45:06 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--ahmadminan-6384-1-ahmadmi-m.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/128/digilib-uinsuka--ahmadminan-6384-1-ahmadmi-m.pdf ; url download server lama : /download.php?id=7046 ; nama file lama : AHMAD MINAN ZUHRI NIM. 06470018 - PENDIDIKAN DAMAI (PEACE EDUCATION) DALAM ISLAM.pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 2529125 Kb. penulis : ; Copyright (c) 2010 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved. citation: AHMAD MINAN ZUHRI - NIM. 06470018 , (2011) PENDIDIKAN DAMAI (PEACE EDUCATION) DALAM ISLAM. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6382/1/BAB%20I%2C%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6382/2/BAB%20II%2C%20III.pdf