@phdthesis{digilib6383, month = {September}, title = {EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBANTUAN KOMPUTER TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA}, school = {UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta}, author = {NIM. 06600042 LUTHFI ADHYWIARTA}, year = {2011}, note = {Pembimbing: 1. Estina Ekawati, M.Pd. 2. Syariful Fahmi, S.Pd.I.}, keywords = {media pembelajaran, efektivitas, motivasi belajar, hasil belajar}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6383/}, abstract = { ABSTRAK Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media pembelajaran matematika berbantuan komputer terhadap motivasi belajar dan hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan garis singgung dua lingkaran kelas VIII semester II SMP Negeri 2 Kebasen Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII semester II SMP Negeri 2 Kebasen tahun ajaran 2011/2011 sebanyak 213 siswa. sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII A sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan media pembelajaran matematika berbantuan komputer dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol yang tidak diberi perlakuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi experiment research) dengan pengambilan sampel dilakukan secara purposive random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan post test dan angket. Analisis data untuk hasil belajar siswa menggunakan uji T, sedangkan analisis terhadap angket siswa menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Analisis deskriptif terhadap angket siswa diperoleh presentase motivasi belajar pada kelas eksperimen sebesar 77\% lebih tinggi dibanding presentase motivasi belajar pada kelas kontrol yang sebesar 75\%, hasil analisis terhadap angket khusus kelas eksperimen menunjukkan bahwa motivasi belajar terhadap penggunaan media pembelajaran berbantuan komputer adalah sebesar 84\% atau dalam kategori tinggi. Hal ini berarti pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran matematika berbantuan komputer lebih efektif dibanding pembelajaran konvensional terhadap motivasi belajar. (2) Uji t data post test kelas eskperimen dan kelas kontrol diperoleh Nilai Sig. (2-tailed) = 0,024 lebih kecil dari batas yang di gunakan yaitu 5\% (sig. 0,05), artinya ada perbedaan rata-rata hasil belajar dari kedua kelas. Dari hasil uji efektivitas kedua kelas, yaitu pada kelas eksperimen efektivitas pembelajarannya sebesar 88\% lebih tinggi dibanding efektivitas pembelajaran pada kelas kontrol yang hanya sebesar 65,71\%. Hal ini berarti pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran matematika berbantuan komputer lebih efektif dibanding pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar. div } }