@phdthesis{digilib63847, month = {September}, title = {PERAN KEPALA MADRASAH SEBAGAI PEMIMPIN DALAM MENINGKATKAN DISIPLIN KERJA GURU DI MI AL IMAN SOROGENEN}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 19104080030 Maharani Nur Latifah}, year = {2023}, note = {Pembimbing: Inggit Dyaning Wijayanti, M.Pd.}, keywords = {Kepala Madrasah, disiplin kerja; guru}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/63847/}, abstract = {Penelitian ini membahas mengenai bagaimana kepala madrasah sebagai sosok pemimpin utama menjalankan perannnya dalam meningkatkan disiplin kerja guru di MI Al Iman Sorogenen. Penelitian ini berawal dari ketidakdisiplinan yang muncul di beberapa guru saat menjalankan tugas. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pelaksanaan peran kepala madrasah sebagai pemimpin, serta untuk mengetahui faktor pendukung serta penghambat kepala madrasah dalam meningkatkan disiplin kerja guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang berfokus pada subjek penelitian, yaitu Kepala Madrasah dan sejumlah guru di MI Al Iman Sorogenen. Penelitian ini menggunakan sejumlah teknik pengumpulan data yaitu dengan melalui observasi non partisipan, wawancara semi terstruktur yang melibatkan partisipasi aktif dari subjek penelitian, dan pencatatan serta analisis dokumen-dokumen terkait. Selanjutnya, untuk memastikan keabsahan data yang diperoleh, penelitian ini menerapkan triangulasi sumber yaitu membandingkan sumber data yang satu dengan sumber data yang lainnya. Lalu, triangulasi metode, yaitu menggabungkan berbagai sumber data dan metode pengumpulan untuk mendapatkan data. Untuk proses analisis data dimulai dengan mengumpulkan seluruh data yang telah dikumpulkan dari observasi, wawancara, dan dokumen. Data-data tersebut kemudian diorganisir, dikategorikan, dan disusun dengan cermat. Setelah itu, diambil kesimpulan dari data-data tersebut. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat 7 peran kepala madrasah diantaranya yaitu: peran kepala madrasah sebagai edukator, manager, administrator, leader, supervisor, innovator, motivator. Kedisiplinan guru yang maningkat dapat dilihat melalui absen harian, tanggung jawab atas profesi yang diembannya. Terdapat beberapa faktor yang memperngaruhi kepala madrasah dalam meningkatkan disiplin kerja guru diantaranya yaitu Faktor pendukung meliputi: penghasilan dari kepala madrasah, jarak tempat tinggal, Kedekatan masyarakat madrasah dengan kepala madrasah. Faktor penghambat meliputi: latar belakang guru yang heterogen, jumlah kerja yang sedikit dan beban kerja yang banyak, faktor pekerjaan di luar profesi utama.} }