%A NIM.: 19104080066 Salma Khafida Fauzia %O Pembimbing: Dr. Hj. Siti Fatonah M.Pd. %T IMPLEMENTASI MODEL QUANTUM TEACHING MELALUI METODE TALKING STICK PEMBELAJARAN IPA “WUJUD ZAT DAN PERUBAHANNYA” UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV MI MA’ARIF GIRILOYO 2 IMOGIRI %X Kurangnya kreativitas guru dalam penggunaan model dan metode pembelajaran menjadi salah satu faktor rendahnya keaktifan dan hasil belajar peserta didik, selama proses pembelajaran banyak peserta didik yang tidak bersemangat, kurang antusias, dan rendahnya rasa ingin tahu dapat menyebabkan hasil belajar peserta didik menjadi rendah. Metode konvensional ceramah merupakan metode yang masih digunakan oleh guru setiap harinya karena metode tersebut paling mudah untuk diterapkan. Tujuan penelitian ini yaitu: untuk mengetahui apakah penerapan model Quantum teaching melalui metode talking stick dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar IPA peserta didik kelas IV MI Ma’arif Giriloyo 2 Imogiri. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Tindakan kelas (PTK) dengan mengangkat model Kemmis dan Mc Taggart dengan subjek penelitian peserta didik kelas IV B MI Ma’arif Giriloyo 2 Imogiri yang berjumlah 28 peserta didik dan 1 guru kelas. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus yang terdiri dari 2 pertemuan tiap siklusnya. Dalam siklus ini terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan juga refleksi. Instrumen pada penelitian ini terdiri dari lembar observasi, perangkat pembelajaran (Modul Ajar), lembar kerja peserta didik (LKPD), kisi-kisi soal pretest dan posttest. Metode pengumpulan data pada penelitian ini terdiri dari non test yaitu observasi, wawancara, dokumentasi, dan test yang dilakukan pada setiap akhir siklus. Teknik analisis data berupa analisis data kualitatif dengan desain deskriptif analitik tentang bagaimana keaktifan Peserta didik selama proses pembelajaran serta analisis kuantitatif yaitu tentang hasil belajar yang dicapai peserta didik pada setiap akhir siklus. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini yaitu: (1) apabila peserta didik memperoleh nilai ≥ KKTP yang sudah ditetapkan oleh sekolah yaitu 75, (2) mencapai ketuntasan klasikal apabila 85% dari jumlah peserta didik yang telah memperoleh nilai ≥ KKTP 75. Hasil belajar IPA kelas IV B mengalami peningkatan pada setiap siklusnya setelah diberi Tindakan berupa penerapan model quantum teaching melalui metode talking stick. Sebelum dilakukannya Tindakan rata-rata hasil belajar peserta didik adalah 62,22, setelah dilakukannya Tindakan mengalami peningkatan menjadi 65,30 dengan effect size 3,08. Setelah dilakukan perbaikan pada siklus 2 Kembali meningkat menjadi 83,5. Effect size dari prasiklus ke siklus 1 yaitu 3,08 dan dari siklus 1 ke siklus 2 mengalami kenaikan 18,2. Persentase klasikal atau ketuntasan belajar peserta didik pada pra siklus sebesar 18%, pada siklus 1 mengalami peningkatan menjadi 35% dan setelah dilakukan perbaikan pada siklus 2 mengalami peningkatan yang sangat signifikan menjadi 86%. Karena pada siklus 2 ini telah melebihi kriteria ketuntasan minimum yang ditetapkan yaitu 85%, hal ini berarti penerapan model quantum teaching melalui metode talking stick pada pelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV B MI Ma’arif Giriloyo 2 Imogiri. %K IPA; quantum teaching; talking stick; hasil belajar %D 2023 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib63849